DPRD Jatim Sidak Pelabuhan

1 komentar 12 views

Bongkar Muat Barang di Dermaga Jamrud

SURABAYA-Polemik pelabuhan indonesia 3 dan Pelabuhan Jatim 1 terus berkembang hingga akhirnya DPRD Jatim berulang kali memanggil pihak pihak terkait seperti pelindo, kadin, pelabuhan jatim1 dan otoritas pelabuhan, hingga akhirnya menemukan titik terang, hari ini melakukan sidak ke Tanjung perak.

Menurut Ketua Komisi B DPRD Jatim, Renvile, kunjungan ini untuk mengetahui kondisi pelabuhan yang sudah dikelolah oleh Badan Usaha Pelabuhan yang ada misalkan Berlian Jasa Terminal Indonesia (BJTI) dan Pelindo 3.

Menurutnya, memang sebelum tanggal 7 Mei 2011, pelabuhan masih dikelolah Pelindo, namun setelah 7 Mei, pihaknya memintah kepada Otoritas Pelabuhan mencoba membagi pada peran Pelindo, Swasta dan Provinsi untuk mengelolah Pelabuhan yang ada di Tanjung Perak.

“Oleh sebab itu, setelah tanggal 7 Mei kita harap Otoritas Pelabuhan agar segara membuat konsesi konsesi pada siapa siapa yang akan mengelolah beberapa dermaga di Pelabuhan Tanjung Perak. Yang jelas saat ini hal itu belum dilakukan sehingga masih dalam status quo.” terang Renvile.

Sementara kepala Otoritas Pelabuhan, Nyoman, mengatakan sampai hari ini Pelindo masih sebagai operator pelabuhan karena pihaknya masih menunggu dari perintah Dirjen Perhubungan untuk melakukan konsesi.

“Jadi sekarang Pelindo sementara masih mengelolah sepenuhnya, hal agar aktifitas pelabuhan tidak sampai terhenti.” terang Nyoman.

Agar status quo ini tidak berlangsung lama-lama, maka dengan segera Otoritas Pelabuhan meminta keputusan kepada Dirjen Perhubngan untuk memint keputusan pada kementrian perhubungan.(BS/nas)

Satu Respon

Tinggalkan pesan "DPRD Jatim Sidak Pelabuhan"