DPRD Dukung Langkah Gubernur Untuk segera Ganti Kepala Balai Besar

SURABAYA (suarakawan.com) – Kerusakan cukup parah di Jalan Raya Porong belakangan ini membuat Gubernur Jatim Soekarwo meradang. Bahkan dia meminta pada Menteri Pekerjaan Umum (PU) untuk menganti Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional V di Surabaya Abdul Gofar Ismail untuk diganti karena dianggap tidak professional.

Wakil Ketua Komisi D DPRD Jatim Mahdi menilai apa yang disampaikan Pakde Karwo tidak berlebihan dan mendukung langkah tersebut. Tentunya sebelum mengambil langkah seperti itu Pakde Karwo sudah punya berbagai pertimbangan dan kajian kinerja Balai Besar.

“Pakde sudah punya anak buah di berbagai bidang dan punya tolak ukur sehingga bisa menilai bahwa balai besar tidak professional,” ujarnya saat di DPRD Jatim, Rabu (15/02).

Terlebih lagi, akibat ketidak cakapan dan ketidaktanggapan itu bisa merugikan Jatim, khususnya dalam bidang ekonomi. Jalan Raya Porong juga menjadi urat nadi perekonomian yang menghubungkan kawasan Jatim bagian utara dengan bagian selatan.

Mahdi juga mengatakan dalam penanganan infrastruktur membutuhkan seorang pemimpin yang tegas dan tanggap langsung melakukan tindakan.

“Seorang pemimpin itu tidak hanya sekedar pintar saja,” lanjut politisi dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini.

Mahdi menambahkan kalau Komisi D DPRD Jatim sudah melakukan rapat kerja terkait Jalan Raya Porong. Diketahui kalau permasalahan jalan porong itu sudah terjadi sejak empat tahun lalu, sementara dalam penanganannya tidak ada perubahan dan masih, padahal dalam jangka waktu itu seharusnya ada perbaikan.

Permasalahan seperti kemacetan dianggap sebagai permasalahan klasik dan seharusnya sudah bisa diatasi. Demikian juga masalah musim hujan hingga banjir. Sebab kondisi tersebut sudah tentu waktu, seharusnya Balai Besar sudah bisa mengambil langkah sebelum kejadian, bukan bertindak setelah ada kejadian.

“Tapi mereka tidak mengambil untuk antisitasi, seharusnya tidak menunggu. Anggaran tentunya tidak masalah jika sudah direncanakan karena tiap tahun sudah tahu akan terjadi seperti ini. Yang jelas itu jangan dilakukan kalau sudah terjadi, tapi direncanakan dulu sebelum terjadi,” ujarnya.

Berdasarkan peninjauan Komdisi D DPRD Jatim, Mahdi mengatakan kalau saat ini banyak sekali jalan nasional yang kondisinya rusak. Sayangnya kondisi tersebut tidak mendapat penanganan dari Balai Besar.

“Sekali lagi, tentunya Pakde sudah melalui pertimbangan matang dalam mengambil keputusan itu, karena sebagai kepala daerah mempunyai target jangan sampai target itu terhambat,” tuturnya. (aca/jto)

keterangan Foto : Mahdi saat di temui di DPRD Jatim

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "DPRD Dukung Langkah Gubernur Untuk segera Ganti Kepala Balai Besar"