Media Online "suarakawan.com" mengutamakan profesional, integritas, keberagaman serta menyajikan dan melayani kepuasan pembacanya maupun kepercayaan|| Mahal Itu Pilihan! Berarti Berkualitas & Puas || Semangat dalam menjalankan tugas merupakan ciri khas karakter bangsa indonesia yang mau berjuang & bekerja keras dari berbagai aspek kehidupan terutama dalam menjaga keutuhan negara dan rakyat Indonesia. Mari menyongsong dan menatap hari esok dengan menjalankan amanat cikal bakal negara RI serta Rakyat Indonesia atas Pancasila & UUD 1945 Asli & Sungguh2 Bukan Selalu Menjadi Penindasan kepada Rakyat...|| Suarakawan.com memberikan kemudahan & pelayanan buat pembaca dari berbagai lapisan dengan bahasa di seluruh dunia.||

DPD Golkar Buka Pendaftaran Cagub dan Cawagub Jatim 2018

03 Aug 2017 // 19:07 // HEADLINE, PILKADA

IMG-20170803-WA0004

SURABAYA (suarakawan.com) – Golkar Jatim akhirnya membuka pendaftaran Calon Gubernur (cagub) dan Calon Wakil Gubernur (cawagub) Jatim 2018. Pembukaan pendaftaran cagub dan cawagub Golkar Jatim ini berdasarkan SK DPD Partai Golkar no 23 tahun 2017.

Sekretaris DPD Partai Golkar Jatim Sahat Tua Sumanjuntak, mengatakan dengan dibukanya pendaftaran ini, Golkar mempersilahkan semua tokoh baik internal Golkar maupun eksternal mendaftarkan diri di Partai Golkar.

“Tim ini akan dipimpin oleh saya sendiri dan para pengurus yang lainnya,”ujar Sahat ditemui di DPD Golkar Jatim, Kamis (3/8).

Sementara itu Ketua Harian DPD Golkar Jatim, Freddy Poernomo menjelaskan, berdasarkan perintah DPP, Golkar Jatim memang diwajibkan untuk membuka pendaftaran tersebut. “Sejak awal, kami memang telah berencana membuka pendaftaran,” kata Freddy yang juga Anggota DPRD Jatim ini.

Rencananya, pendaftaran ini akan dibuka mulai Senin (7/8) mendatang dan akan dibuka selama dua pekan hingga (19/7). Pemilihan waktu tersebut, menurut Freddy, juga mempertimbangkan mekanisme pendaftaran yang juga dilakukan oleh partai lain.

“Pendaftaran resmi yang dibuka oleh KPU kan masih dua bulan lagi. Sehingga, masih lama. Selain itu, saat ini beberapa partai lain juga masih buka pendaftaran. Sehingga, kini giliran kami,” lanjut Freddy.

Berdasarkan hasil pemilu 2014 silam, Golkar menempatkan 11 kursi di DPRD Jatim. Dengan perolehan sebanyak itu, partai dengan dominasi warna kuning ini menempati posisi lima dari 10 partai yang masuk parlemen.

Sedangkan untuk memenuhi syarat pengusungan gubernur, Golkar masih membutuhkan 9 kursi tambahan. Oleh karena itu, hasil dari penjaringan itu akan diuslkan kepada calon rekan koalisi.

“Karena tidak bisa mengusung sendiri, kami memang harus melakukan koalisi. Calon yang nantinya didapat dari penjaringan akan diusulkan kepada rekan koalisi,” jelasnya.

Ada sejumlah persyaratan yang akan dibebankan kepada bakal kandidat nantinya. “Diantaranya harus menyerahkan biaya pendaftaran sebesar Rp50 juta,” kata Freddy.

Fredy mengakui banyak kader internal yang layak untuk ikut mendaftar sebagai cagub maupun cawagub, seperti Mayjen (Purn) Estu, Brigjen (Purn) Amin, Ridwan Hisjam, Zainuddin Amali, Gatot Sujito, dan kader lainnya.

“Gus Ipul, Khofifah, atau siapa saja termasuk kader internal disilahkan daftar,” ujarnya

Golkar bukan partai yang kali pertama melakukan pendaftaran. Selain Golkar, sudah ada Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Demokrat, dan Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) yang juga membuka pendaftaran serupa.

Dari hasil penjaringan tersebut, lima orang mendaftar di PDIP dan lima kandidat mendaftar di Partai Demokrat. Sedangkan Hanura masih membuka pendaftaran hingga tanggal 18 mendatang. Saifullah Yusuf (Gus Ipul) menjadi satu-satunya calon yang mendaftar di tiga partai tersebut. (aca/rur)

Artikel Terkait

Tinggalkan Komentar Anda


  • Terkini