Dokumen Osama Indikasikan Peranan Pakistan

WASHINGTON-Berbagai informasi yang didapat dari dokumen Osama memperkuat keyakinan bahwa ia memainkan peran yang kuat dalam perencanaan dan mengarahkan serangan oleh al-Qaeda dan afiliasinya di Yaman dan Somalia, kata para pejabat senior AS Jumat.

Dan data lebih lanjut menunjukkan kepada AS bahwa petinggi al-Qaeda dan komandan pemberontak kunci lainnya tersebar di seluruh Pakistan, bukan hanya di daerah perbatasan kasar, dan sedang didukung dan diberi perlindungan oleh Pakistan.

pejabat kontraterorisme AS memperdebatkan seberapa besar peran bin Laden dan Al-Qaeda dalam serangan diluncurkan oleh kelompok-kelompok teror berafiliasi, terutama al-Qaida di Semenanjung Arab, yang berbasis di Yaman, dan al-Shabab di Somalia.

Informasi yang dikumpulkan di kompleks itu, para pejabat mengatakan, memperkuat keyakinan bahwa bin Laden lebih banyak terlibat dalam mengarahkan personel dan operasi al-Qaeda  selama dekade terakhir.

Prioritas pertama Bin Laden, kata pejabat itu, adalah keamanan sendiri. Namun data menunjukkan bahwa ia jauh lebih aktif dalam memberikan bimbingan dan mengatakan kelompok yang berafiliasi di Yaman dan Somalia apa yang mereka harus atau tidak seharusnya dilakukan.

Milisi Taliban di  Afghanistan telah memperingatkan bahwa kematian bin Laden hanya akan meningkatkan moral pemberontak memerangi Amerika Serikat dan sekutu-sekutu NATO-nya.

Al-Qaida sendiri bersumpah membalas dendam, membenarkan kematian bin Laden untuk pertama kalinya, tetapi mengatakan bahwa kebahagiaan Amerika akan beralih ke kesedihan. (ap/nas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *