Disparta Jatim Akan Gelar Pameran Pariwisata Internasional

salah satu spot diving di indonesia

SURABAYA (suarakawan.com)-Kota Surabaya untuk pertama kali menjadi tuan rumah penyelenggaraan pameran Internasional Industri Pariwisata Bahari dan Ekowisata pada 7-9 Oktober 2011 di Gramedia Expo Surabaya.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Timur, Dr Jariyanto dikonfirmasi melalui telepon selularnya kepada suarakawan.com Rabu (15/6) mengatakan, pameran ini merupakan pengembangan kegiatan yang telah diselenggrakan di Jakarta selama lima tahun yaitu deep & extreme Indonesia.

Untuk menggelar pameran tersebut, Pemprov Jatim bekerjasama dengan PT Exhibiton Network Indonesia sebagai perusahaan yang bergerak bidang olahraga dan pariwisata petualangan.

Dengan adanya pameran, pihaknya berharap potensi wisata bahari dan ekowisata Jatim semakin terangkat. Menurut data yang dimiliki pemerintah, wilayah bahari Jatim sedikitnya menyimpan potensi 23 dive spot dan terbanyak berada di Situbondo dan Sumenep.

Ke depan, setelah Jalur Lintas Selatan (JLS) selesai, peminat scuba diving (olahraga selam) di Jatim akan semakin meningkat, mengingat wilayah perairan Pacitan sampai Banyuwangi mempunyai terumbu karang yang tidak kalah menarik dengan wilayah lainnya.

Di Indonesia saat ini terdapat 2.000 spot diving, dengan kondisi yang layak mencapai 600 sites. Dari jumlah tersebut, ada sekitar 3.000 sites yang ditawarkan ke wisatawan. “Sekitar 70% sites yang existing untuk ditawarkan tersebut terdapat di Kawasan Indonesia Timur” tuturnya.

Selain itu, sebanyak enam dive operator juga terdapat di Provinsi Jawa Timur. Jumlah ini jauh dari jumlah di Bali yang mencapai 60 dive operator dan 40 dive operator di Bunaken, Manado. (aca/nas)

Satu Respon

Tinggalkan pesan "Disparta Jatim Akan Gelar Pameran Pariwisata Internasional"