Dishub Siapkan 300 Personel Awasi Jalur Mudik

mudik

SURABAYA (suarakawan.com) – Dinas Perhubungan Kota Surabaya telah mempersiapkan secara detail untuk mudik lebaran 2011.

Menurut Plt Kadishub Kota Surabaya, Eddy melalui Kasie Penertiban, Subagio Utomo, personel yang akan dikerahkan Dishub sekitar 300 personel yang akan disebar di terminal dan kantung-kantung parkir tempat wisata.

Selain penempatan personel , Dinas Perhubungan kota Surabaya juga akan melakukan pemeriksaan kelaikan jalan dan tanggap armada kendaraan angkutan di beberapa terminal dari tanggal 8-19 Agustus.

“Kita akan lakukan tahapan-tahapan operasi angkutan lebaran 2011 dari evaluasi lebaran 2010,” kata Subagio kepada suarakawan.com di kantornya, Selasa (02/08).

Subagio menambahkan, prediksi dari Dinas Perhubungan sendiri untuk angkutan lebaran tahun ini mengalami kenaikan sekitar 10% dari tahun 2010.

Dari data yang diperoleh suarakawan.com, untuk 2010 jumlah realisasi penumpang yang datang ke kota Surabaya berjumlah 865.689 ribu dan keluar kota Surabaya 821.901 ribu, sehingga Dishub kota Surabaya memprediksi kenaikan sekitar 10% atau 900.000 ribu penumpang yang datang ke kota Surabaya dan 850.000 ribu untuk yang keluara kota Surabaya.

Sementara itu, untuk melancarkan arus lalulintas pada lebaran mendatang, Kementerian Perhubungan memutuskan untuk pelarangan truck angkutan barang non Bahan Pokok dan BBM dilarang beroperasi.

“Truck tersebut dapat beroperasi jika mendapat surat ijin Dishub Propinsi setempat,” pungkasnya.(Jto/nas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *