Dishub Dan Astra Gelar Uji Emisi Gratis

Tidak ada komentar 5 views

proses uji emisi

SURABAYA (suarakawan.com) – Dinas Perhubungan dan LLAJ Kota Surabaya, bersama Badan Lingkungan Hidup, dan Astra Honda menggelar uji Emisi Gratis didepan Taman Surya Surabaya Selasa (12/07).

Pelaksanaan Uji Emisi ini dimulai pukul 09.30 hingga pukul 11.00 WIB, Ratusan kendaraan kendaraan plat merah dan hitam dilakukan uji emisi. Uji emisi berada dibawah lima tenda masing-masing tenda untuk kendaraan solar dan bensin.

Kasi Penertiban Dishub Kota Surabaya, Subagio Utomo saat ditemui disela ā€“ sela uji emisi kendraaan di Taman Surya, Selasa (12/07) mengatakan tujuan diadakan emisi untuk mengevaluasi kualitas udara didalam perkotaan sehingga udara di perkotaan bebas dari asap kendaraan. ā€œ Emisi ini untuk mengetahui kadar bahan bakar yang dikeluarkan mobil hemat atau boros,ā€ ujarnya.

Menurutnya, standar uji emisi yang dilakukan sesuai Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Nomor 5 Tahun 2006 tentang ambang batas emisi gas buang kendaraan bermotor, dimana mengacu pada ketentuan untuk kendaraan berbahan bakar bensin yang dibuat dibawah tahun 2007 ambang batasnya adalah 4,5 persen untuk CO dan HC 1200 ppm, sedangkan untuk yang di atas tahun 2007 ambang batasnya 1,5 persen untuk CO dan HC 200 ppm.

Sedangkan untuk kendaraan yang menggunakan solar standar ambang batasnya berdasarkan kapasitas. Untuk mobil dengan tonase kurang dari 3,5 ton yang dibuat dibawah tahun 2010 standarnya 70 persen, dan yang pembuatannya di atas tahun 2010 standarnya 40 persen.

Sedangkan kendaraan yang kapasitasnya lebih 3,5 ton untuk yang pembuatannya kurang dari 2010 standarnya 70 persen dan yang pembuatannya di atas tahun 2010 standarnya 50 persen. (aca/nas)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Dishub Dan Astra Gelar Uji Emisi Gratis"