Dirjen Hubla Perintahkan Pelabuhan Lakukan Uji Petik Kelaikan Kapal

suasana kenaikan jabatan

SURABAYA (suarakawan.com) – Banyaknya kecelakaan laut akhir-akhir ini menjadi perhatian serius Direktorat Jendral Hubungan Laut (Ditjen Hubla) Kementerian Pehubungan.

Ditjen Hubla, Sunaryo, memerintahkan kepada seluruh pelabuhan yang ada di Indonesia untuk melakukan uji petik kelaikan kapal.

Ini disampaikan Dirjen Hubla Sunaryo disela-sela serah terima jabatan (sertijab) pejabat eselon II, III, IV, dan V dan pelantikan pejabat eselon III, IV, V di Gapura Surya, Kamis (30/6) pagi.

“Jadi kita sudah menghimbau kepada seluruh pelabuhan yang ada di Indonesia untuk melakukan uji petik,” terang Sunaryo.

Lanjut Sunaryo, ada beberapa uji petik yang dilakukan diantaranya pemeriksaan mesin, nautika, radio. Selain melakukan pemeriksaan, pengawasan juga perlu diutamakan.

” Sebagai persiapan lebaran, jadi sebelum H-15 sudah bisa melayani masyarakat,” tambahnya.

Dengan kondisi kapal yang layak pakai, ditambah dengan persedian 28 kapal yang ada bisa menjadi tambahan selain adanya bantuan dari pemerintah daerah

Untuk 2011 ada 4 kapal yang sudah siap. Jadi total seluruhnya sebanyak 28 kapal. Sekarang ada otonomi daerah (otda), jadi diharapkan pemda untuk melakukan penambahan kapal.

Selain mempersiapkan armada dan personelnya secara baik, Sunaryo menghimbau kepada calon penumpang kapal untuk bisa tertib dan mematuhi peraturan yang ada.

Apabila kapal sudah penuh, supaya tidak dipasakan untuk naik. Ini juga salah satu faktor keselamatan di laut.
Sementara terkait sertijab di Ditjen Hubla, Sunaryo mengatakan sebagai bentuk penyegaran dan pembinaan personel .

“Ini semata-mata kegiatan rutin yang sifatnya peremajaan dan penyegaran supaya kinerja bisa dinamis dan tanggap,” ujarnya.

Dengan dilakukannya sertijab di Gapura Surya Pelabuhan Tanjung Perak, sebagai bentuk penghematan dan efisiensi yang dilakukan Ditjen Hubla.

“Semua eselon di Indonesia jadi satu melakukan pelantikan dan sertijab disini. Ini suatu bentuk penghematan,” ujar Sunaryo lagi. (bs/nas)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Dirjen Hubla Perintahkan Pelabuhan Lakukan Uji Petik Kelaikan Kapal"