Diluar Kemanusiaan, Guru Paksa Murid SD Jilati WC

MEDAN (suarakawan.com) – Seorang murid sekolah dasar (SD) Negeri 104302 di Desa Cempedak Lobang, Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara (Sumut), dihukum gurunya untuk menjilat water closet (WC) sekolah. Hukuman itu dijatuhkan oleh oknum guru berinisial RM akibat sang anak tidak membawa tanah kompos yang telah ditugaskan.

“Anak saya dihukum untuk menjilat WC sebanyak 12 kali. Baru empat kali dijilat, anak saya langsung muntah-muntah. Kejadian ini dilakukan RM, Jumat (9/3) kemarin. Saya sangat terpukul dan kecewa atas perlakuan guru itu,” ujar orangtua korban hukuman guru, Siti Hajar.

Wanita berusia 25 tahun itu menyampaikan, anaknya yang menjadi korban perlakuan buruk gurunya itu adalah MBP. Guru itu dianggap tidak pantas menghukum murid yang dianggap tidak manusiawi tersebut.

“Silakan dihukum tapi jangan sampai harus dipaksa menjilat WC. Guru kan bisa menghukum dengan cara yang lebih mendidik. Misalnya, mencuci WC atau disetrap berdiri. Jika dihukum menjilat WC kan sudah keterlaluan,” ungkapnya

Siti mengaku mendengar anaknya dihukum guru untuk menjilat WC itu berdasarkan laporan dari teman-teman anaknya, MBP. Sebagai orangtua, SH kemudian menanyakan kebenaran informasi yang didengarnya tersebut, langsung kepada MBP.

“Saya memprotes masalah hukuman ini setelah mendengar penjelasan langsung dari anak ini. Anak saya dihukum karena tidak membawa tanah kompos yang ditugaskan RM kepada murid-muridnya. Tindakan ini sudah tidak benar dan bukan mendidik,” katanya.

Kepala Dinas Pendidikan Serdang Bedagai, Joni Walker Manik mengakui kejadian hukuman tersebut. Pihaknya sudah mengutus tim dalam menyelidiki kasus itu. Bahkan, pihaknya akan segera mengambil tindakan terhadap guru yang menghukum murid dengan cara tidak baik itu.

“Hasil penyelidikan dari tim yang diutus ini nanti akan kita ketahui, kemudian memutuskan sanksi yang pantas diberikan kepada oknum pengajar tersebut. Kita tidak bisa mentolerir kejadian tersebut,” sebutnya.(bs/rur)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Diluar Kemanusiaan, Guru Paksa Murid SD Jilati WC"