Media Online "suarakawan.com" mengutamakan profesional, integritas, keberagaman serta menyajikan dan melayani kepuasan pembacanya maupun kepercayaan|| Mahal Itu Pilihan! Berarti Berkualitas & Puas || Semangat dalam menjalankan tugas merupakan ciri khas karakter bangsa indonesia yang mau berjuang & bekerja keras dari berbagai aspek kehidupan terutama dalam menjaga keutuhan negara dan rakyat Indonesia. Mari menyongsong dan menatap hari esok dengan menjalankan amanat cikal bakal negara RI serta Rakyat Indonesia atas Pancasila & UUD 1945 Asli & Sungguh2 Bukan Selalu Menjadi Penindasan kepada Rakyat...|| Suarakawan.com memberikan kemudahan & pelayanan buat pembaca dari berbagai lapisan dengan bahasa di seluruh dunia.||

Dilewati Rudal Korut, Begini Reaksi Pemerintah Jepang

29 Aug 2017 // 14:54 // HEADLINE, INTERNASIONAL, PERISTIWA

88e18cbe-62fb-4690-a017-f49e1ad86234

TOKYO (suarakawan.com) – Jepang akan mengambil “langkah penuh” untuk memastikan keamanan warganya menyusul peluncuran peluru kendali Korea Utara melewati wilayah udara negara tersebut.

“Kami akan segera mengumpulkan dan menganalisis detail dan pemerintah akan mengambil langkah penuh untuk melindungi nyawa warga Jepang,” kata Perdana Menteri Shinzo Abe, dikutip AFP, Selasa (29/8).

Dia tidak menjelaskan lebih lanjut langkah penuh apa yang dimaksud.

Rudal itu diluncurkan hanya berselang beberapa hari setelah Pyongyang menguji coba tiga rudal jarak pendeknya. Langkah itu dinilai sebagai provokasi minim merespons dimulainya latihan bersama militer Amerika Serikat dan Korea Selatan.

Namun, jalur lintasan kali ini mewakili eskalasi signifikan oleh Korut yang pada awal bulan ini juga sempat menyatakan akan menembakkan rudal melintasi wilayah Jepang ke arah Guam, wilayah AS di Pasifik.

“Rudal balistik tak dikenal” teranyar milik Korut ini diluncurkan pada sekitar 5.57 waktu setempat dari Sunan, Pyongyang, kara Korea Selatan.

Juru bicara pemerintah Jepang menyebut proyektil melintasi pulau paling utara negara tersebut, Hokkaido, dan jatuh di Samudra Pasifik.

Lintasi Jepang Sejauh 2.700 Kilometer
“Sejauh ini tidak ada objek yang jatuh di dalam wilayah Jepang,” kata Kepala Sekretaris Kabinet Yoshihide Suga. “Tidak ada laporan kerusakan pada pesawat atau kapal-kapal.”

“Peluncuran ini jelas merupakan pelanggaran resolusi PBB. Kami tidak bisa mentoleransi provokasi berulang yang dilakukan Korut ini. Kami mengecam keras,” ujarnya dikutip Reuters.

Secara terpisah, Pentagon menyatakan rudal tersebut belum mengancam wilayah AS.

“Komando Pertahanan Amerika Utara (NORAD) menyimpulkan peluncuran rudal dari Korea Utara tidak mengancam Amerika Utara,” kata juru bicara Pentagon, Kolonel Robert Manning kepada wartawan.

Manning dan pemerintah Korsel menyatakan militer AS masih mengumpulkan dan menganalisis informasi lebih jauh.(cnn/rur)

Artikel Terkait

Tinggalkan Komentar Anda


  • Terkini