Diam-diam, Emil Dardak Ziarah ke Makam Sunan Ampel

IMG-20171210-WA0000

SURABAYA (suarakawan.com) – Sisi religius seorang Emil Elistianto Dardak Bupati Trenggalek ternyata cukup kuat. Buktinya, secara diam-diam tanpa ada sorotan media, calon wakil gubernur Jawa Timur ini ziarah ke Makam Sunan Ampel Surabaya, Sabtu (9/12) malam.

Kedatangan Emil Dardak ke komplek makam pemimpin Wali Songo ini tidak akan terungkap jika Emil tidak mengupload di akun instagram pribadinya @emildardak. Ada dua postingan di akun yang memiliki 59,500 follower itu.

Postingan pertama terlihat Emil Dardak dengan batik dan peci hitam khusus bermunajat di depan makam Wali Songo yang punya nama asli Raden  Rahmat itu di upload jam 19.30 WIB. Dengan status caption‘Alhamdulillah mendapat kesempatan untuk ziarah ke Makam Sunan Ampel bersama Ketua Ta’mir masjid Agung Sunan Ampel Surabaya H. Muhammad Azmi Nawawi’.

Memang dalam ziarah itu, Emil Dardak tidak sendirian. Bupati termuda yang nanti berpasangan dengan Ketua Umum Muslimat NU Khofifah di Pilgub Jatim itu didampingi beberapa kolega dekatnya. Antara lain Kuswanto (Wakil Ketua DPD Partai Demokrat Jatim) dan Dedy Prasetyo (Sekretaris DPC Partai Demokrat Surabaya). Ketiganya dalam ditemani langsung oleh Takmir Masjid Agung Sunan Ampel H Muh Azmi Nawawi.

Postingan IG kedua adalah Emil Dardak berfoto bareng di depan pintu masuk makam utama Sunan Ampel yang pada hari itu cukup ramai peziarah. dari dua postingan itu, baru 30 menit muncul sudah mendapat like lebih dari 1500 follower.

Salah satu tokoh yang ikut mendampingi Emil Dardak, Kuswanto, ketika dikonfirmasi membenarkan bahwa dirinya baru saja ziarah ke makam Sunan Ampel di kawasan Surabaya Utara itu. “Iya tadi sore Mas Emil spontan ngajak ziarah ke Makam Sunan Ampel,” terang Kuswanto.

Lanjut Kuswanto, Emil Dardak sengaja tidak mengajak banyak orang, karena ziarah ini tujuannya adalah murni berdoa di tempat yang mustajabah. “Ya murni hanya berdoa di makam Sunan Ampel, nggak ramai-ramai,” imbuh Kuswanto.

Sebelum ziarah, Emil Dardak juga melakukan sholat Jamaah Maghrib  bersama warga dan peziarah dari berbagai penjuru Jawa Timur itu. Kuswanto menepis jika ziarah ini dikaitkan pilgub Jatim. Apalagi belum ada kandidat lainnya yang sudah mendatangi makam Ulama besar penyebar agama Islam seluruh Indonesia itu, kecuali Emil Dardak. (aca/rur)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *