Dewan Desak Runway Juanda Diperbaiki Total

Tidak ada komentar 7 views

SURABAYA – DPRD Provinsi Jawa Timur mendesak PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Juanda Surabaya untuk melakukan perbaikan secara menyeluruh pada landasan pacu atau runway Bandara Juanda agar peristiwa pengelupasan runway seperti yang terjadi hari ini (29/3) tidak terulang kembali.

” Seharusnya perbaikan dilakukan menyeluruh bukan tambal sulam seperti sekarang ini. Kalau hanya tambal sulam, saya yakin, peristiwa seperti ini akan terulang kembali,” kata Wakil Ketua Komisi D DPRD Jawa Timur, Habib Mahdi saat dihubungi suarakawan.com sore tadi.

Mahdi menduga, peristiwa pengelupasan runway yang terjadi dua kali selama bulan Maret ini menunjukkan bahwa pengerjaan awal di bandara baru tidak sesuai spesifikasi.

Seharusnya, ada penghitungan-penghitungan khusus sebelum landasan pacu dibuat. “Kalau dibuat sesuai spesifikasi, tidak mungkin, dalam waktu sebulan peristiwa yang sama terulang,” tandasnya.

Alasan cuaca ekstrim seperti yang disampaikan General Manajer PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Juanda Surabaya, Kolonel Laut (P)  Trikora Harjo, sangat tidak masuk akal dan terkesan mencari kambing hitam. Seharusnya, pihak pengelola bandara melakukan pengecekan dan maintenence setiap saat, mengingat tingginya traffic penerbangan di Juanda.

Hal ini, lanjut Mahdi, tidak bisa dibiarkan. Karena yang rugi adalah para pengguna moda transportasi udara. Oleh sebab itu, Komisi D DPRD Jawa Timur segera memanggil PT Angkasa Pura I untuk mengklarifikasi penyebab terkelupasnya landasan pacu bandara Juanda.

Seperti yang kami beritakan sebelumnya, Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya siang ini ditutup karena runway atau landasan pacunya mengalami pengelupasan sepanjang 50 cm. (ara)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Dewan Desak Runway Juanda Diperbaiki Total"