Desakan Agar Strauss-Kahn Mundur Dari IMF Menguat

Dominique Strauss-Kahn

WASHINGTON(suarakawan.com)-Dominique Strauss-Kahn menghadapi tekanan untuk berhenti sebagai kepala IMF, baik dari dalam IMF maupun dari beberapa pejabat Eropa, meskipun Prancis menghimbau agar masyarakat tidak terburu-buru menghakimi.

Perdebatan tentang Strauss-Kahn, yang ditangkap di akhir pekan atas tuduhan percobaan perkosaan dan kejahatan seks lainnya, meningkat pada hari Selasa oleh Cina, Brasil dan Afrika Selatan yang menantang cengkeraman Eropa atas IMF selama ini.

Jaminan agar Strauss-Kahn bisa mendapat tahanan kota  ditolak pada hari Senin dan dirinya dikirim ke penjara suram kota Pulau Rikers, yang dikenal karena kekerasan geng nya. Dia diharapkan tetap ada setidaknya sampai penampilan berikutnya di pengadilan pada hari Jumat, ketika pengacaranya lagi dapat mengajukan permintaan jaminan lagi.

Dua sumber di  IMF mengatakan kepada Reuters bahwa dewan IMF dimaksudkan untuk menghubungi Strauss-Kahn di penjara untuk melihat apakah ia berencana untuk melanjutkan jabatannya.

Salah satu sumber mengatakan akan menjadi ideal jika Strauss-Kahn mengundurkan diri. Sumber kedua mengatakan 24 anggota, yang memiliki kewenangan untuk menghapus Strauss-Kahn dari jabatannya yang bertanggung jawab sebagai lembaga yang mengawasi ekonomi dunia.(reuters/nas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *