Darah PMI Surabaya Cukup Hingga Mei 2011

Tidak ada komentar 16 views

SURABAYA – Jumlah stok darah di Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Surabaya hingga dua pekan kedepan masih aman, meski banyak siswa yang tidak mau mendonorkan darahnya pada masa ujian nasional.

Menurut  Humas PMI Kota Surabaya, Agung Tri Jutanto,  setiap musim ujian nasional terjadi penurunan jumlah stok darah di PMI Kota Surabaya. Guna memenuhi stok darah agar tetap stabil, kata Agung, pihaknya melakukan kegiatan donor darah ke intansi-intansi dan mal mal di Surabaya. Kegiatan kegiatan pendonoran tersebut guna ketersediaan stok bulan puasa.

Berdasarkan pengalaman, pada bulan puasa nyaris jarang ada warga yang mau mendonorkan darahnya, karena khawatir kondisinya tubuhnya lemas. Padahal pendonoran pada bulan puasa tidak akan mempengaruhi daya tahan tubuh. “Ya istilahnya kita jemput bola, kalau tidak dilakukan mulai sekarang, kita khawatir stok darah pada saat puasa akan berkurang.” terang Agung.

Untuk diketahui, stok darah di PMI Kota Surabaya masih aman. Untuk semua jenis darah mencapai  627 kantong dan trombosit mencapai 700 kantong. Kebutuhan darah tersebut, 60 persen ke RSU Dr Sutomo Surabaya dan 40 persen ke rumah sakit swasta dan luar kota Surabaya. (bs/ara)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Darah PMI Surabaya Cukup Hingga Mei 2011"