Dampak Gempa Jepang 7 April Tidak Signifikan

Seperti diberitakan sebelumnya, Jepang kembali digunjang gempa berkekuatan 7,1 skala richter. Epicentrum gempa 7 April 2011 pukul 21:32:41 WIB atau pukul 23:32:41 waktu setempat itu ternyata cukup dekat dengan epicentrum gempa 11 Maret lalu.

Beberapa media, termasuk NHK Jepang, menyebutkan kekuatan gempa 7,4 skala richter. Namun data yang diperoleh suarakawan.com dari United States Geological Survey (USGS) menyebutkan kekuatan gempa 7,1 skala richter.

Getaran gempa terasa hingga ke Tokyo yang berjarak 265 kilometer arah selatan pusat gempa. Beberapa bangunan sempat terguncang hebat selama beberapa detik. “Guncangannya terasa seperti gerakan naik turun,” kata Mili Gono melalui email kepada BBC. “Awalnya pelan, kemudian semakin terasa,” lanjutnya.

Pemerintah setempat sempat mengeluarkan peringatan tentang kemungkinan munculnya gelombang tsunami setinggi 2 meter. Warga yang berada di zona bahaya langsung dievakuasi, termasuk para pekerja di PLTN Fukushima Daiichi.

Selang 90 menit, peringatan tsunami tersebut dicabut. Tidak ada kerusakan parah yang dilaporkan akibat gempa kali ini. Juru bicara Tepco, operator PLTN Fukushima Daiichi tersebut kemudian menggelar jumpa pers dan melaporkan bahwa 7 pekerja PLTN aman.

“Mereka tidak terluka dan semua telah dibawa ke gedung tahan gempa kami. Kami akan melanjutkan operasi penyuntikan air ke reaktor 1, 2 dan 3, ” kata juru bicara yang tidak disebutkan namanya itu seperti dikutip BBC. (buo)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *