Cuaca Buruk, PT DLU Kerahkan 2 Kapal

Erwin (kiri) ketika memberikan keterangan pers

Erwin (kiri) ketika memberikan keterangan pers

SURABAYA (suarakawan.com) – PT Dharma Lautan Utama menyiapkan 2 kapal untuk mengangkut pemudik lebaran dari Surabaya ke Pulau Bawean, menyusul adanya peringatan cuaca buruk di laut sekitar Bawean.

“Kami perbantukan dua armada untuk pemudik dari Surabaya ke Pulau Bawean, karena disana cuacanya buruk,” kata Direktur Utama PT Dharma Lautan Utama Erwin H. Poedjono kepada wartawan di Surabaya, Sabtu (11/7).

Pihaknya telah menerima pemberitahuan dari pemerintah terkait adanya peringatan dari Badan? Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), yang menyatakan bahwa cuaca di laut sedang tidak bersahabat pada 12-14 Juli 2015.

“Dari laporan yang kami terima,, ombaknya tinggi. Bisa di atas dua meter di perairan yang dilintasi kapal ke Bawean. Kami siap kapan saja dibutuhkan,” tuturnya.

Menurut dia, jika menggunakan kapal milik DLU, maka bukan sebuah persoalan dan penumpang tetap bisa melanjutkan perjalanan ke kampung halaman. Dua kapal siap diberangkatkan pada 12-13 Juli, yakni dari Surabaya jurusan ke Banjarmasin, Kalimantan Selatan dan Surabaya tujuan Kumai, Kalimantan Tengah.

Hanya saja, kapal miliknya tidak mungkin bersandar di Pelabuhan Gresik sebagaimana kapal jurusan Bawean pada umumnya sehingga diharapkan Pemkab setempat menyediakan angkutan dan memfasilitasi penumpang ke Surabaya.

“Kami berangkat dari Pelabuhan Tanjung Perak ke Pulau Bawean dulu, baru kemudian melanjutkan perjalanan ke jurusan semula,” jelasnya.

Gabungan Pengusaha Sungai, Danau dan Penyeberangan (Gapasdap) Jatim juga menerima laporan terkait tidak bersahabatnya cuaca dalam beberapa hari terakhir ini. Karena itu, dia mengimbau kapal yang biasa digunakan, yakni KM Eskpres Bahari 8E dan KM Natuna Ekspres tidak memberangkatkan penumpang karena tingginya gelombang.

“Tapi masih ada satu kapal yang bisa digunakan, yakni KMP Gili Iyang. Kami imbau untuk penumpang lebih baik menggunakan kapal milik PT DLU yang diperbantukan,” tuturnya. (Bng/rur)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Cuaca Buruk, PT DLU Kerahkan 2 Kapal"