Cara Sederhana Tingkatkan Kualitas Tidur

Setelah beraktifitas seharian, tubuh memerlukan istirahat dalam waktu cukup dan berkualitas. Tidur adalah cara mengistirahatkan tubuh yang paling efektif. Ketika tidur, sel tubuh akan melakukan regenerasi dan otot-otot yang tegang akan kembali dalam keadaan relaksasi.

Namun jika tubuh Anda masih terasa pegal-pegal ketika bangun pagi, kemungkinan besar tidur Anda kurang berkualitas sehingga tubuh dan fikiran tidak benar-benar bisa istirahat ketika tidur.

Berikut ini lima cara sederhana yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan kualitas tidur Anda.

  1. Tidurlah setidaknya 4 jam setelah makan terakhir Anda, utamanya makanan yang berbumbu pekat, mengandung kafein, mengandung banyak gula atau pemanis lainnya. Makanan dan minuman itu hanya akan membuat tidur Anda tidak nyenyak karena di tengah-tengah tidur Anda akan terbangun karena ingin pipis.
  2. Minum segelas air mineral sesaat sebelum tidur. Air mineral akan membantu Anda tidur lebih cepat dan lama tanpa kuatir akan kebelet pipis di tengah tidur Anda. Air mineral juga akan membantu menjaga tubuh Anda dari dehidrasi selama tidur.
  3. Biasakan sikat gigi sebelum tidur. Selain bisa menjaga kesehatan gigi Anda, sikat gigi sebelum tidur juga akan menjadi semacam rutinitas yang bisa memberikan sinyal kepada tubuh Anda bahwa sebentar lagi waktunya tidur. Tubuh Anda kemudian akan merespon sinyal tersebut dengan memasuki fase tidur secara lebih cepat.
  4. Cuci muka sebelum tidur. Dokter menyarankan Anda mandi air hangat supaya seluruh tubuh Anda terasa rileks dan cepat tertidur. Namun Anda bisa menggantinya dengan mencuci muka saja. Ritual cuci muka ini bisa dilakukan setelah Anda sikat gigi.
  5. Pastikan kamar dan tempat tidur Anda nyaman. Jika Anda menggunakan pendingin ruangan, jangan setel suhunya terlalu dingin. Matikan semua lampu hingga benar-benar gelap. Matikan pula televisi, radio, musik dan aneka sumber suara lainnya.

Selamat mencoba! (ehow/buo)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *