Media Online "suarakawan.com" mengutamakan profesional, integritas, keberagaman serta menyajikan dan melayani kepuasan pembacanya maupun kepercayaan|| Mahal Itu Pilihan! Berarti Berkualitas & Puas || Semangat dalam menjalankan tugas merupakan ciri khas karakter bangsa indonesia yang mau berjuang & bekerja keras dari berbagai aspek kehidupan terutama dalam menjaga keutuhan negara dan rakyat Indonesia. Mari menyongsong dan menatap hari esok dengan menjalankan amanat cikal bakal negara RI serta Rakyat Indonesia atas Pancasila & UUD 1945 Asli & Sungguh2 Bukan Selalu Menjadi Penindasan kepada Rakyat...|| Suarakawan.com memberikan kemudahan & pelayanan buat pembaca dari berbagai lapisan dengan bahasa di seluruh dunia.||

Cara Menghilangkan Kecanduan Gadget pada Anak

02 Jul 2017 // 08:14 // FAMILY, HEADLINE

34474-untuk-orangtua-inilah-empat-cara-mengatur-penggunaan-gadget-untuk-anak

JAKARTA (suarakawan.com) – Sebagian orangtua mungkin merasa terbantu dengan kehadiran gawai atau gadget yang dapat membantu anak belajar atau membantu untuk menenangkan saat anak rewel. Namun, bila terus berlanjut, anak akan menjadi kecanduan. Kecanduan gawai akan membuat anak merasa gelisah bila sehari saja tidak memainkannya.

Kecanduan pada gawai merupakan salah satu penyebab terjadinya obesitas pada anak. Maka, Anda sebaiknya segera melakukan tindakan bila anak terlihat tidak dapat melewatkan harinya tanpa gawai. Beberapa tindakan yang bisa Anda lakukan adalah:

1. Buat kesepakatan

Buatlah kesepakatan dengan anak, kapan mereka boleh bermain gawai. Tetapkan waktunya, misalnya hanya ketika akhir pekan selama 30 menit saja. Berusahalah untuk konsisten dengan kesepakatan yang sudah dibuat. Jangan pernah memberikan anak gawai di luar jam yang sudah ditentukan. Dengan sikap yang konsisten, maka waktu anak bermain gawai akan berkurang.

2. Jangan jadikan gawai sebagai hadiah

Saat anak bersikap baik atau menunjukkan prestasi di sekolah, Anda boleh saja memberikan reward atau hadiah sebagai bentuk penghargaan. Namun jangan memberikan gawai sebagai hadiah. Bila hal tersebut Anda lakukan, anak bisa saja memanipulasi keadaan demi untuk memiliki waktu tambahan bermain gawai.

3. Lakukan aktivitas fisik

Anak seringkali bermain gawai karena tidak ada kegiatan yang bisa dilakukan. Maka sebagai orangtua, Anda sebaiknya memfasilitasi anak untuk melakukan aktivitas fisik. Anda bisa mengajak anak bermain sepeda, lompat tali, sepatu roda, petak umpet, dan permainan fisik lainnya. Selain dapat menghilangkan ketergantungan anak pada gawai, aktivitas fisik juga dapat menghindarkan anak dari obesitas.

4. Turut serta mematuhi aturan

Orangtua merupakan contoh bagi anak-anaknya. Bila Anda menginginkan anak Anda untuk lepas dari gawai, maka Andapun sebaiknya mengurangi ketergantungan Anda pada gawai, minimal saat sedang berada di samping anak. Tingkatkan interaksi dengan seluruh anggota keluarga. Hal ini juga dapat meningkatkan kedekatan emosional Anda dengan si kecil.

5. Berikan hiburan yang lainnya

Alih-alih memberikan gawai sebagai sarana hiburan, sebaiknya Anda memberikan benda lain yang dapat menghilangkan kejenuhan anak. Misalnya, dengan memberikan buku cerita atau buku mewarnai. Kedua benda itu memiliki manfaat yang lebih baik daripada gawai. (bs/rur)

Artikel Terkait

Tinggalkan Komentar Anda




  • Terkini