Cabor Tidak Harus Memakai Alat Merk Tertentu di PON Riau

SURABAYA (suarakawan.com) – Pemakaian alat dengan merk tertentu tidak diharuskan dalam pertandingan Pekan Olahraga Nasional (PON) XVIII di Pekanbaru, Riau. Bukan hanya di cabang olahraga (cabor) selam, ketentuan itu juga berlaku di cabor-cabor lain.

“Kalau alat itu menjadi persoalan, maka tidak diharuskan menggunakan satu alat (merk tertentu),” kata Ketua Umum KONI Pusat, Tono Suratman kepada wartawan ketika menghadiri acara Senam Rekreasi Porwosi Jatim di Dermaga Ujung Perak Armatim, Minggu (03/06).

Sebelumnya, PB POSSI mengeluarkan peraturan baru yang tidak populis. Yakni, instruksi pemakaian peralatan Fin merk Cressi pada cabor selam di PON Riau. Tak pelak, peraturan baru POSSI tersebut diprotes keras Puslatda Jatim. Pasalnya, selama ini para atlet anggar Puslatda Jatim tidak pernah menggunakan alat baru tersebut.

Tono berjanji akan mencarikan solusi dengan melihat terlebih dahulu peralatan dari PB-PB cabor. Alat baru yang ditetapkan PB, menurutnya, harus bisa dimanfaatkan oleh seluruh cabor, khususnya PODSI. Sebab, penggunakan alat baru harus berkaitan dengan persiapan pra kompetisinya. Alat itu juga berpengaruh pada prestasi.

“Tidak diharuskan menggunakan satu alat, kalau itu memang menjadi satu persoalan. Membeli alat baru itu menyangkut biaya juga. Kalau biaya itu tidak bisa dipenuhi oleh masing-masing provinsi, tentu berpengaruh pada persiapan untuk berlatih,” ujarnya.

Sebaliknya, kalau alat-alat yang dipakai untuk pertandingan sesuai dengan standart memenuhi syarat, Tono menilai boleh saja. Dia memberi salah satu contoh alat dari cabor anggar tidak boleh menggunakan dari Lon Paul. Namun, bisa menggunakan merk all stars dan alat yang disahkan oleh Federasi Anggara International.

“Nanti akan saya tinjau kembali. Saya tidak akan menganulir, tapi saya akan berikan solusi agar semua yang ikut PON nanti melaksanakan pertandingan dengan standart nasional,” tutur mantan Ketua Umum PB IKASI ini. (Bng/Era)

Keterangan foto: Ketua Umum KONI Pusat, Tono Suratman. (Bng)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Cabor Tidak Harus Memakai Alat Merk Tertentu di PON Riau"