Budaya Korea Juga Serbu India

Tidak ada komentar 11 views

Seorang pelajar India tengah menontong film Korea di Laptopnya

Imphal, INDIA-Menjamurnya trend film dan budaya Korea ternyata tak hanya melanda remaja Indonesia, film melodrama percintaan Korea ternyata juga membanjiri negara bagian India Manipur yang cukup terpencil.

Ini terjadi lantaran pemberontak separatis melarang film Hindi sejak satu dekade lalu. Namun mereka memiliki tak menyangka itu akan memicu invasi budaya dari negara lebih dari 2.000 mil jauhnya.

Tapi ketika Bollywood terpaksa keluar, Film Korea yang masuk pasar

Di pasar negara Imphal, toko-toko berjualan DVD film-film Korea Selatan dan opera sabun televisi, serta CD bintang pop Korea, dengan fokus khusus pada boy band yang berdandan.

Salon Hairdressing memberikan layanan ala kepala selebriti Korea dan menawarkan berbagai ptongan “Korea-gaya”yang sangat populer di kalangan muda baik pria maupun wanita.

Bahkan bahasa yang telah membuat terobosan, dengan ungkapan-ungkapan Korea seperti annyeong-haseyo (halo), kamsahamnida (terima kasih) dan sarang-haeyo (I love you) yang sering dipercakapkan di sekolah maupun pasar-pasar.

“Saat kita kembali ke sekolah asrama, teman-teman saya dan saya berlatih beberapa frase Korea dan kami sering berbicara tentang apa terjadi di Korea,” kata pelajar perempuan Akshaya Longjam, (14).(afp/nas)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Budaya Korea Juga Serbu India"