Buah Lokal Hilang Dipasaran

Tidak ada komentar 43 views

Buah Import lebih Menarik

SURABAYA-  Peredaran produk buah import membanjiri seluruh lapak pedagang buah di Kota Surabaya, dibanding dengan buah lokal.

Berdasarkan pengamatan suarakawan.com, di pasar buah Peneleh baru, jalan Tanjung Sari 54, Surabaya. Pasokan buah import lebih dominan dibanding buah lokal. Begitu pula dengan harga sangat jauh lebih murah daripada buah lokal.

Didalam hal pengemasan, buah import lebih bagus daripada buah lokal, sehingga terlihat lebih segar dan warnanya tidak kusam.

“Saat ini, para tengkulak lebih senang dengan buah import daripada buah lokal, disamping kuantitasnya banyak ,juga sangat murah harganya” kata Syukur, Pedagang buah di Pasar Peneleh Baru,pagi tadi (07/05).

Padahal,lanjutnya, untuk masalah kualitas buah lokal sangat banyak manfaatnya dibanding dengan buah import.”Inilah kondisi pasar, ada penawaran dan permintaan, jadi kita harus bisa menjalankan prinsip tersebut,” tambahnya.

Sementara itu, dari data Dinas Perindutrian dan Perdagangan Jawa Timur, sampai akhir april 2011, volume masuknya buah import mencapai 423.890 Ton.

“Jumlah dari tahun ke tahun cenderung meningkat,” ujar Fattah Jasin, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jawa timur, Saat dihubungi melalui telen selulernya, pagi tadi (07/05).

Fattah Jasin menambahkan, jika kondisi ini dibiarkan, maka buah lokal akan termajinalkan oleh keberadaan buah import.Dan hal ini akan berimplikasi terhadap petania buah lokal.(jto/nas)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Buah Lokal Hilang Dipasaran"