Bonus Atlet Asian Games 2018 Naik Hingga 250 Persen

AMBON (suarakawan.com) – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi menyatakan bonus bagi atlet peraih medali emas di Asian Games 2018 akan dinaikan sebanyak 250 persen dibanding Asian Games 2014.

“Bonus sudah pasti kami siapkan dan bonus Asian Games ini akan naik 250 persen dari pada bonus Asian Games Incheon 2014 yang Rp400 juta per medali emas,” katanya di Ambon, Maluku, Jumat.

Menpora berada di Ambon untuk menghadiri kegiatan bakti sosial Fatayat Nahdlatul Ulama (NU) yang digelar di Desa Batu Merah, Kecamatan Sirimau.

Ia mengatakan untuk target medali emas yang ingin diraih oleh Indonesia, pihaknya baru akan menyampaikan secara resmi pada Juni 2018, karena semua nama peserta (entry by name), baik dari Tanah Air dan negara-negara Asia lainnya baru akan resmi dimasukan pada saat itu.

“Untuk target medali, kita akan menyampaikannya secara resmi pada Juni 2018, karena Juni sudah entry by name seluruh peserta, nama-nama atlet dari negara se-Asia. Saya berharap anak-anak Maluku bisa memberikan kebanggaan bagi Indonesia di ASEAN Games nanti,” ujarnya.

Atlet dari Maluku, menurut dia, juga diharapkan bisa berpartisipasi dan memberikan kejayaan bagi Indonesia sebagai tuan rumah pelaksana pesta olahraga se-Asia tersebut.

Terkait kesiapan Indonesia dalam pelaksanaan Asian Games 2018 yang dijadwalkan berlangsung di Jakarta dan Palembang (Sumatera Selatan) maupun Jawa Barat itu, Menpora menyatakan, dari segi infratruktur sudah 99 persen rampung.

Dari segi kesiapan para atlet nasional, ia mengemukakan, saat ini sebagian besar sedang latih uji coba (try out) dengan mengikuti berbagai kejuaran sebagai bagian dari tes hasil pemusatan latihan nasional (Pelatnas).

Sebagian lainnya lagi, disebutkannya, sedang mengikuti pelatihan di tempat khusus (trainning camp) untuk memperdalam dan mempertajam kualitas.

Bahkan, atlet beberapa cabang olahraga mencari mitra tanding strategis untuk mengukur sejauh mana kemampuan menghadapi Asian Games 2018.

“Berkat dukungan seluruh masyarakat Indonesia, support yang luar biasa dari teman-teman pers, semua persiapan manyangkut infrastruktur, pagi ini juga dicek oleh Wakil Presiden,” ucapnya.

Kendati Asian Games 2018 akan digelar di Jakarta, Palembang dan Jawa Barat, Menpora meminta masyarakat dari seluruh wilayah di Indonesia turut mendukung pelaksanaan hajatan olahraga se-Asia itu.

Ia juga menghimbau agar masyarakat bisa menempatkan diri sebagai tuan rumah yang baik, memberikan rasa aman dan nyaman kepada para tamu-tamu negara yang akan berlaga nanti.

“Kami mohon bantuan dari seluruh kita untuk menjadikan Asian Games sebagai alat pemersatu. Menyemangati, memotivasi khususnya kepada anak-anak kita. Kita tuan rumah Asian Games, meskipun tempatnya di Jakarta, Palembang dan Jawa Barat, tapi ini adalah hajat nasional, tolong kita panaskan Asian Games ini,” demikian Imam Nahrawi.(ant/rur)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Bonus Atlet Asian Games 2018 Naik Hingga 250 Persen"