Biofuel Lemak Ayam Jadi Bahan Bakar Jet Tempur!

1 komentar 9 views

Ini mungkin termasuk ide gila yang patut ditiru. Bayangkan saja, lemak ayam yang biasa dihindari banyak orang karena dianggap mengandung banyak kolesterol jahat dan bisa memicu kegemukan, ternyata bisa dijadikan bahan bakar jet tempur!

National Aeronautics and Space Administration (NASA) bersama United States Air Force (USAF) sedang melakukan serangkaian uji coba terhadap bahan bakar alternatif untuk pesawat. Salah satu bahan bakar alternatif temuan mereka adalah biofuel yang terbuat dari turunan lemak ayam.

Bahan bakar alternatif tersebut diberi nama Hydrotreated Renewable Jet Fuel. Performa dan emisi dari bahan bakar alternatif ini diuji dalam program penelitian berjuluk Alternative Aviation Fuel Experiment II, atau AAFEX II. Sebanyak 17 lembaga dilibatkan dalam penelitian tersebut. Mulai dari kalangan industri, konsultan dan akademisi di Amerika.

“Iya, benar, ini memang terbuat dari lemak ayam!,” kata Bruce Anderson seperti dilansir di website resmi NASA. “Angkatan Udara (Amerika) telah menghabiskan ribuan gallon untuk pesawat tempur mereka, dan mengirimkan lebih dari 30 ribu liter ke NASA untuk penelitian ini,” lanjut ilmuwan yang terlibat dalam proyek AAFEX II itu.

Sebagian dari hasil penelitian tersebut telah dipublikasikan pada bulan Juni 2009 dalam paper berjudul An Overview of the NASA Alternative Aviation Fuel Experiment (AAFEX). Disebutkan bahwa bahan bakar alternatif yang baru saja ditemukan tersebut masih memiliki beberapa kelemahan. Diantaranya adalah aromanya yang kurang sedap dan emisi berupa partikel karbon yang bisa mempengaruhi tenaga mesin.

Apakah penelitian ini akan berhasil menemukan formula yang paling sempurna untuk mengubah lemak ayam menjadi bahan bakar alternatif untuk pesawat jet? Kita tunggu saja kabar selanjutnya! Eits, tapi jangan-jangan nanti diprotes oleh lembaga pecinta ayam?! (nasa/buo)

Satu Respon

Tinggalkan pesan "Biofuel Lemak Ayam Jadi Bahan Bakar Jet Tempur!"