BI Larang Bank Mega Buka Kantor Baru

Tidak ada komentar 7 views

JAKARTA(suarakawan.com)-Kembali perbankan Indenesia menerima sanksi dari Bank Indonesia selaku bank Sentral.  Setelah Citibank menerima sanki dilarang menerima nasabah premium, kini giliran Bank Mega tbk menerima sanksi yang berbeda.

Kepala Biro Humas Bank Indonesia Difi A Johansyah menjelaskan pemberlakukan sanksi ini sejak 24 Mei 2011. Sanksi pertama, penghentian penambahan nasabah Deposit on Call (DoC) baru serta perpanjangan selama 1 tahun, termasuk untuk produk sejenis seperti Negotiable Certificate of Deposit (NDC). Sanksi kedua, penghentian pembukaan jaringan kantor baru selama setahun.

Bank Indonesia menetapkan dua sanksi atas kasus penggelapan dana yang terjadi di Bank Mega Tbk (MEGA), ungkap pejabat bank sentral. Penetapan sanksi ini terkait pembobolan dana di PT Elnusa Tbk (ELSA) dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Batubara, Sumatera Utara.

Lebih lanjut Difi menyatakan bahwa Bank Indonesia menemukan adanya pelanggaran ketentuan internal bank serta kelemahan pada penerapan manajemen risiko.

Difi menambahkan kelemahan manajemen risiko itu tercermin dari kelemahan sistem dan prosedur (Standard Operating Procedure/SOP). Selain itu, juga terdapat kelemahan pengendalian internal, yang diatur PBI No 11/25/PBI/2009 tentang Penerapan Manajemen Risiko bagi Bank Umum.

“Kami berencana melakukan uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) terhadap manajemen dan pejabat eksekutif Bank Mega. Bank sentral menginstruksikan perseroan untuk meninjau kembali (review) seluruh kebijakan dan prosedur, khususnya aktivitas pendanaan (funding), termasuk penetapan target atas kantor cabang, baik utama maupun pembantu. Selain itu, kantor kas dan individu, baik nominal maupun suku bunga,” tegasnya.

Bank Indonesia  juga meminta Bank Mega untuk memperbaiki fungsi internal control dan manajemen risiko. Hal ini termasuk jumlah auditor di setiap kantor kas, proses check and balance baik melalui pengawasan kantor pusat maupun terhadap kantor-kantor di bawahnya dengan prinsip know your employee.

“Imbauan lainnya yaitu penghentian pegawai di bawah pejabat eksekutif yaang terlibat dalam kasus dana Elnusa maupun Pemkab Batubara di Kantor Cabang Pembantu Bekasi, Jababeka,” kata Difi, Rabu (25/05). (ift/nas)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "BI Larang Bank Mega Buka Kantor Baru"