Bertemu Guru Agama se Surabaya, Ini Pesan Wali Kota Risma

SURABAYA (suarakawan.com) – Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini memberikan pembinaan dan pengarahan kepada guru Agama SD dan SMP se-Kota Surabaya di Convention Hall Arif Rahman Hakim, Jum’at (18/5).

Di hadapan ribuan guru yang hadir, Walikota Risma banyak berpesan tentang cara membimbing peserta didik terkait dengan peristiwa meresahkan di Surabaya seperti pemberitaan di media belakangan yang mengkhawatirkan kondisi anak.

Diawal sambutan ia mengatakan bahwa anak-anak harus mengerti tentang sejarah, bagaimana para pejuang memperjuangkan negara ini sampai di titik darah penghabisan. Persatuan dan kesatuan harus selalu dijunjung tinggi.

“Jangan mudah dipecah belah. Kalau kita terpecah belah mudah sekali orang lain ntuk memprovokasi kita,” ujar Walikota Risma dengan lantang dihadapan ribuan guru Agama Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Budha, dan Konghucu.

Risma juga berpesan kepada para guru untuk bersama-sama mengajarkan tentang arti toleransi, “Kita tidak bisa memilih terlahir dalam suku dan ras apa, kita juga tidak bisa memilih terlahir menjadi anak siapa. Ada takdir Tuhan yang harus kita ikuti. Mari kita mengajarkan arti toleransi kepada anak-anak kita,” tutur Wali Kota.

Sedari dini anak-anak harus diajarkan tentang rasa mengasihi antar sesama, rasa saling menyanyangi kepada orang lain. Selain itu, anak-anak juga harus dilatih untuk lebih peka terhadap kesulitan yang dihadapi orang lain, agar rasa saling menolong itu tumbuh dengan sendirinya. “Kalau kita membantu orang yang kesulitan, suatu saat kita akan dibantu juga ketika kita mengalami kesulitan,” pungkas Risma. (sby/rur)

Bahkan menurut Risma guru Agama sangatlah berperan penting dalam mendidik dan mencetak generasi penerus bangsa ini. Para guru diharapkan mampu mengajarkan nilai kejujuran, mengajarkan anak-anak tentang kehidupan di dunia, berkomunikasi dengan sesama manusia, dan berhubungan dengan Tuhan.

“Mereka seperti lembaran putih yang tidak mengerti apapun. Apa yang kita ajarkan itu yang akan diteladani anak-anak. Saya tumpuannya kepada panjenengan semua. Saya tahu panjenengan bisa merubah itu. Bersama-sama kita bisa membimbing anak-anak kita. Mari bantu anak-anak menjalani kehidupan sesuai dengan usianya.” ujar Walikota Surabaya.

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Bertemu Guru Agama se Surabaya, Ini Pesan Wali Kota Risma"