Benarkah Climate Change itu terjadi?

Tidak ada komentar 38 views

Tentu Kawan sudah sering mendengar istilah climate change, kan? Dalam bahasa Indonesia berarti perubahan iklim. Mungkin ada di antara kita ada yang bertanya dalam hati, benarkah climate change itu terjadi dan apa saja akibatnya bagi kita?

Apa yang kita rasakan sekarang ini adalah bukti terjadinya perubahan iklim global. Jaman SD kita tentu pernah mendapatkan pengetahuan bahwa musim di Indonesia ini ada dua, yaitu penghujan dan kemarau. Musim penghujan terjadi selama bukan Oktober hingga Maret. Sedangkan sisanya adalah musim kemarau. Masing-masing berjalan selama 6 bulan secara bergantian.

Tapi apa yang terjadi sekarang? Hampir sepanjang tahun ini kita mengalami musim penghujan terus. Namun tidak seperti musim hujan yang normal. Musim hujan kali ini berbeda dari musim-musim hujan yang terjadi beberapa tahun lalu. Dan baru kali ini di Surabaya terjadi angin puting beliung!

Akibatnya berhektar-hektar lahan pertanian di Indonesia ini mengalami gagal panen. Bahkan petani sendiri bingung mau menanam apa dalam musim yang tidak pasti seperti ini. Setiap tanaman memiliki karakteristik yang sama sekali berbeda. Padi misalnya, hanya cocok ditanam ketika musim penghujan. Namun ketika musim panen tiba diharapkan sudah terjadi pergantian ke musim kemarau sehingga bulir-bulir padi yang telah dipanen bisa dikeringkan dengan cara menjemurnya di bawah terik matahari.

Lalu apa kita akan tinggal diam saja menghadapi perubahan iklim global ini? TIDAK! Ayo lakukan hal-hal kecil dari diri sendiri dan ajaklah orang di sekitar Kawan untuk bersama-sama mengantisipasi dampak buruk climate change ini!

Atau mungkin Kawan sekalian sudah melakukannya? Coba ceritakan pengalaman Kawan di sini supaya bisa menginspirasi yang lain. Tinggalkan komentar ya!

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Benarkah Climate Change itu terjadi?"