Bekali TKW Dengan Pencak Silat

Tidak ada komentar 26 views

MALANG (suarakawan.com) – Banyaknya kasus penganiayaan Tenaga Kerja Wanita (TKW) di Indonesia, nampaknya tak kunjung usai. Pemerintah sendiri masih belum mempunyai solusi yang ampuh untuk mengatasi bahkan mengantisipasi hal tersebut.

Oleh karena itu beberapa mahasiswa dari Universitas Brawijaya Malang (UBM) yang diketuai oleh Marlina Quratul Aini mempunyai ide unik yang diberi nama PENSIL c-TKW. Apa itu?

“PENSIL c-TKW ini kepanjangan dari Pelatihan Pencak Silat untuk Calon Tenaga Kerja Wanita. Kami prihatin karena jumlah TKI di luar negeri sangat banyak, yakni 3.100.589 dengan 16.064 kasus dan 2.236 kasus diantaranya adalah kekerasan dan pelecehan seksual,” kata Marlina, mahasiswa Farmasi 2009, Rabu (04/04).

Ide program PENSIL c-TKW ini sendiri sudah diajukan dalam Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dan dinyatakan lolos didanai oleh Dikti.

Menurut Marlina, saat ini TKW masih memiliki kemampuan beladiri yang terbatas. Setelah mendapatkan pelatihan pencak silat, diharapkan mereka bisa melarikan diri jika mendapat penyiksaan atau perlakuan tidak menyenangkan lainnya dari majikan. Mereka bisa mendapatkan perlindungan dari Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI).

“Selain itu, pencak silat merupakan seni bela diri asli Indonesia, yang keberadaannya perlu dilestarikan untuk mencegah claim dari negara lain. Jadi, TKW memiliki peran ganda yaitu melestarikan pencak silat dan mengambil manfaat dari pelestarian tersebut,” urainya.

Hingga kini sudah banyak calon TKW yang mengikuti program PENSIL c-TKW ini. Para calon TKW yang sedang menempuh pendidikan sebelum berangkat ke luar negeri ini mengikuti program selama 2 minggu sekali pada hari kamis.

Pelatihan bela diri ini bertempat di salah satu PJTKI di kota Malang dan menggunakan metode PBL (Problem Based Learning), maksudnya adalah materi yang diberikan berdasarkan kasus yang terjadi. Tidak seperti pembelajaran pencak silat si perguruan pencak silat pada umumnya.

“Kami tidak memungut biaya sepeserpun alias gratis,” tambahnya. Oleh karena itu Marlina dan kelima temannya satu kelompok berharap bahwa idenya ini bisa melaju ke Pekan Ilmiah tingkat Nasional (PIMNAS) 2012. (din/era)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Bekali TKW Dengan Pencak Silat"