Beatifikasi Yohanes Paulus ke-2 Dimulai

1 komentar 10 views

VATIKAN – Lapangan Basilika, Santo Petrus, Vatikan, Roma, Minggu (01/05) dipadati lebih dari 1 juta penganut agama Katolik untuk memperingati upacara Beatifikasi mendiang Paus Yohannes Paulus kedua.

Diantara yang hadir di Lapangan Santo Petrus adalah seorang biarawati Prancis, Marie Simon-Pierre yang mengatakan dia disembuhkan dari penyakit Parkinson. Mukjizat kesembuhannya adalah salah satu alasan untuk beatifikasi, yaitu langkah terakhir dalam hukum gereja Katolik sebelum seseorang dianugerahi gelar sebagai Santo atau orang kudus.

Filipina merupakan pengikut Katolik terbesar di Asia, dalam memperingati upacara beatifikasi, sebuah gereja di Quiapo di pusat kota Manila menampilkan jubah yang dikenakan oleh Paus.

” Ribuan orang berbaris untuk menyentuh atau mencium jubah tersebut yang diyakini memiliki kekuatan penyembuhan”, kata Monsignor Jose  Ignacio Clemente, Pastor Paroki Gereja Quiapo.

Di  Australia, ratusan orang berkumpul di Gereja Katedral Santa Mary di Sydney  untuk merayakan beatifikasi, dengan doa khusus yang diselenggarakan dalam suasana karnaval di luar di lapangan gereja.

Upacara beatifikasi ini berlangsung ditengah kritik yang diterima gereja Katolik karena begitu cepatnya proses beatifikasi ini dan skandal pelecehan seksual yang dilakukan oleh para pastor.

Lebih banyak kasus pelecehan seksual yang terjadi selama Paus Yohannes Paulus II menjabat sebagai kepala gereja Katolik dari tahun 1979-2005.

Gereja Katolik Roma dikecam karena tidak mengambil langkah yang cukup untuk menghukum orang-orang yang bertanggung-jawab.

“Lebih banyak kasus pelecehan seksual yang terjadi selama Paus Yohannes Paulus II menjabat sebagai kepala gereja Katolik dari tahun 1979-2005”

Diantara para tamu yang hadir di Roma adalah pemimpin Zimbabwe, Robert Mugabe.

Mugabe adalah penganut Katolik dan dia mendapat izin khusus oleh Uni Eropa untuk terbang ke Italia walaupun sebenarnya dia dilarang memasuki wilayah Uni Eropa.

Presiden Polandia dan Meksiko termasuk diantara 90 kepala negara dan tamu kehormatan lain yang menghadiri upacara beatifikasi ini.

Acara ini diihadiri sekitar setengah juta orang, termasuk rombongan besar dari tanah kelahiran mendiang Paus Yohannes Paulus kedua, Polandia. (bbc-reuters/iza)

Satu Respon

Tinggalkan pesan "Beatifikasi Yohanes Paulus ke-2 Dimulai"