Basmi Virus Lokal dengan Antivirus Lokal

Tidak ada komentar 37 views

Bagi pengguna komputer dan perangkat cerdas lainnya, serangan virus adalah sesuatu yang bisa menjadi momok. File yang telah tersimpan dengan rapi bisa hilang atau rusak karena ulah virus tertentu. Anda tentu tidak ingin mengalami kejadian seperti itu, khan?!

Untuk memperkecil resiko terserang virus, jangan lupa memasang antivirus ke dalam komputer Anda. Terutama bagi pengguna internet aktif karena virus bisa masuk dengan mudah tanpa ijin Anda melalui file-file yang Anda download dari internet!

Berikut ini beberapa tips mengamankan komputer Anda dari serangan virus:

  1. Jika Anda memiliki budget, belilah lisensi antivirus. Biasanya antivirus berlisensi memiliki fitur yang jauh lebih lengkap dibanding versi gratisnya. Contoh antivirus yang bisa Anda beli: Kaspersky, Norton, AVG, Avira, Avast, BitDefender, dan masih banyak lagi
  2. Untuk mengantisipasi serangan virus made in Indonesia, lengkapi pula komputer Anda dengan antivirus lokal. Ya, saat ini memang banyak virus buatan anak negeri, dan biasanya antivirus internasional tidak mampu mendeteksinya. Maka gunakan antivirus lokal seperti PCMAV, ANSAV dan SMADAV.
  3. Untuk setiap jenis antivirus tersebut (internasional dan lokal), pasanglah masing-masing satu antivirus saja. Misalnya AVG + SMADAV. Memasang terlalu banyak antivirus justru membahayakan komputer Anda!
  4. Setelah memasang dua jenis antivirus tersebut, jangan lupa melakukan update database virus secara teratur. Pembuat virus komputer akan terus menciptakan virus-virus baru, maka Anda juga harus ‘mengajari’ antivirus Anda supaya bisa mengenali virus baru tersebut.
  5. Nah, selain memasang antivirus, biasakan memback-up file-file penting Anda ke media penyimpanan yang lain. begitu file di komputer terkena virus maka Anda masih punya cadangannya. Ini sangat penting dilakukan misalnya ketika Anda sedang mengerjakan skripsi dan laporan penting lainnya.

Nah itu tadi tips mengamankan komputer dari serangan virus. Jika Anda memiliki tips lain silakan ditambahkan melalui kolom komentar di bawah ini. (buo)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Basmi Virus Lokal dengan Antivirus Lokal"