Banjir Rob, Warga Kesulitan Buang Air

SURABAYA(suarakawan.com)-Banjir air laut (rob) menggenangi puluhan rumah warga di kawasan Kalianak, Surabaya, Jawa Timur dan  warga berupaya mengevakuasi perabotan rumahnya yang paling berharga ke tempat yang lebih tinggi . Langkah ini dilakukan guna menghindari kerusakan barang- barang milik warga yang terbuat dari besi dan kayu.

Salah seorang warga Kalianak, Imron menuturkan, meski tidak ada hujan, namun air rob sudah tumpah ke jalan dan memasuki pemukiman mereka, hingga mencapai lutut orang dewasa. Bahkan yang paling tinggi bisa mencapai pinggang orang dewasa. Imron dan warga mengaku resah karena rob kali ini sudah memasuiki hari ketiga, padahal biasanya banjir rob terjadi tiga bulan sekali dan terjadi dua hari saja.

Banjir rob ini menurut Imron kerap terjadi dan tumpah ke pemukiman warga. Dan wilayah rumah Imron memang sudah menjadi langganan banjir rob.

“Kalau sudah banjir begini kita nggak bisa kerja. Anak anak juga gak bisa masuk sekolah, karena sekolah  juga tutup akibat banjir.” terang Imron.

Sementara dari pantauan suarakawan.com ada 4 RT di wilayah krembangan Surabaya yang kebanjiran. Dan banjir ini juga dimanfaatkan anak anak untuk bermain. Namun sebagian warga mengaku kesulitan dengan urusan buang air besar. (bs/nas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *