Banjir Missisipi Kian Meninggi

Tidak ada komentar 8 views

HICKMAN-Penduduk di sepanjang Sungai Mississippi yang rumahnya lebih rendah dari bibir sungai mulai berkemas dan para pekerja sosial mulai membuat tanggul dari karung berisi pasir seiring dengan makin tingginya banjir sejak tahun 1920-an.

Mulai Dari Illinois ke Mississippi, ribuan orang telah dipaksa mengungsi dari rumah mereka, dan kecemasan meningkat sepanjang sungai besar, meskipun itu bisa satu atau dua minggu sebelum terjadi banjir paling parah. “Aku belum pernah melihat yang lebih buruk dari ini,” kata Joe Harrison (78), yang telah tinggal di rumah yang sama di Hickman sejak ia berusia 11 bulan.

Banjir dari Mississippi rumahnya berubah menjadi sebuah pulau – kering tapi dikelilingi oleh air. Dia telah menggunakan perahu untuk sampai ke mobilnya, diparkir di tanah yang kering sepanjang jalan raya yang berjalan dengan rumahnya.

Peramal dan pejabat darurat mengatakan beberapa catatan tinggi air yang ditetapkan pada banjir besar 1927 dan 1937 bisa salah. Pada hari Rabu, misalnya, tanda air di Mississippi pada ketinggian 46 meter dan air masih naik, dengan perkiraan puncak 49,5 meter pada hari Minggu mendatang.

Tetapi karena sistem tanggul dan kunci dibangun sejak bencana itu lebih dari 70 tahun yang lalu, banjir kali ini tidak mungkin berada dibawah banjir dahsyat seperti yang dulu.(ap/nas)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Banjir Missisipi Kian Meninggi"