Bangun Gedung, KPK Sudah Siapkan 800 Meter Tanah

JAKARTA (suarakawan.com) – Meski tak kunjung mendapatkan restu dari DPR, Rencana Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang akan membangun gedung baru sepertinya tidak akan berhenti. Sebagai bentuk keseriusannya, KPK sudah menyiapkan sebidang lahan yang tidak jauh dari kantor KPK yang sekarang. Menurut Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto pihaknya sudah menyiapkan 800 meter persegi guna dijadikan tempat gedung baru KPK.

“Soal tanah, kita sudah clear yaitu yang berlokasi di Kecamatan Setiabudi kelurahan Guntur yang luasnya 800 meter persegi,” kata Bambang saat memberikan keterangan Pers di kantor KPK, Jakarta, Senin (25/06)

KPK lanjut Bambang akan melakukan penggalangan dana dari masyarakat yang pengelolaannya akan diserahkan kepada lembaga independen yang kredibel. Menurut Bambang penggalangan dana untuk gedung baru KPK melanggar Undang-undang. Pasalnya, jelas Bambang, hal itu sudah diatur dalam Undang-undang KPK dan Undang-undang Pemberantasan Korupsi.

“Pasal 1 angka 3 UU KPK disebutkan ada peran serta masyarakat, dalam rangka pemberantasan korupsi. Artinya masyarakat mempunyai hak untuk berperan serta. Kalau masyarakat mau menyumbang, KPK harus mengucapkan terimakasih,” tutur bambang.

Selain itu, lanjut Bambang, KPK akan meminta pendapat kepada pemerintah dan pihak lain mengenai pengeloaan dana tersebut sebagai bahan kajian KPK. Bambang menjelaskan pengkajian diperlukan agar di kemudian hari tidak menimbulkan masalah hukum.

“KPK akan meminta pendapat, pemerintah, dan pihak lain mengenai pengelolaan partisipasi publik (penggalan dana) tersebut,” tuntas Bambang. (mad/era)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Bangun Gedung, KPK Sudah Siapkan 800 Meter Tanah"