Babinsa Diinstruksikan Kawal Hasil Panen Petani

tni2

SURABAYA (suarakawan.com) – Seluruh Bintara Pembina Desa (Babinsa) diinstruksikan untuk mengawal hasil panen milik petani sebagai bentuk ikut menyukseskan program pemerintah di bidang swasembada pangan.

Instruksi tersebut disampaikan Panglima Daerah Militer V/Brawijaya Mayor Jenderal TNI Sumardi pada acara silaturahim dengan pimpinan media massa di Makodam V/Brawijaya Surabaya, Kamis (20/8). Hadir dalam acara tersebut Ketua PWI Jatim, Akhmad Munir.

Dijelaskan, pengawalan hasil panen milik petani ini sebagai pencegahan terjadinya penyimpangan saat hasil panen dikirim ke tempat seharusnya, misalnya di Bulog. Bentuk pengawalan yang dilakukan, adalah mengawasi pencegahan penyimpangan karena terindikasi sangat rentan dilakukan pihak tertentu, termasuk mengantisipasi permainan tengkulak.

“Kami siap 24 jam dan siap tidak tidur untuk menjaga serta mengawasi hasil panen petani. Ini juga merupakan program pemerintah dalam bentuk swasemba beras yang wajib didukung,” ujarnya.

Pangdam juga menegaskan komitmen melaksanakan program pemerintah lainnya, terutama kegiatan paling dekat, yakni pengamanan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak di Jatim. Sama seperti Pilkada dan Pemilu sebelumnya, TNI AD mempersiapkan pengamanan demi menjaga ketertiban di masyarakat, sekaligus membantu tugas kepolisian.

Sebagai bentuk jaminan pengamanan sekaligus membantu kepolisian, TNI AD menyiagakan satu Satuan Setingkat Peleton (SST) atau 35 prajurit di setiap komando distrik militer se-Jatim. Sesuai arahan pimpinan, setiap kodim disiagkan 1 SST untuk Pilkada serentak ini.

Kendati demikian, Kodam siap menurunkan personel tambahan jika nantinya diperlukan mendapat bantuan di sebuah daerah. “Kapan pun kami siap jika dimintai bantuan pengamanan,” tuturnya. (Bng/rur)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Babinsa Diinstruksikan Kawal Hasil Panen Petani"