Babinkamtibmas Akan Gandeng Orang Tua Dan Tokoh Masyarakat

Bendera NII (dok)

SURABAYA(suarakawan.com)– Babinkamtibmas yang diterjunkan Polrestabes akan menggandeng sejumlah elemen masyarakat seperti Tokoh Agama, Gerakan Karang Taruna dan forum-forum pengajian untuk memberantas NII di Surabaya.

“Gerakan ini dapat diberangus dengan kerjasama orang tua agar memantau keberadaan putra-putrinya agar tidak terjebak ke dalam NII. Terutama para orang tua yang memiliki anak yang tidak bertempat tinggal di satu wilayah. Misalnya, kuliah di luar kota,” papar Kapolrestabes Surabaya Kombespol Coki Manurung, Sabtu (21/05).

Terhadap gerakan NII ini, lanjut Coki, memang paling banyak dijerat dengan KUHP pasal 378 tentang penipuan. Sebab dari beberapa kasus yang ada unsur-unsurnya terpenuhi.

Sementara jika dijerat dengan KUHP pasal 107 tentang Makar maka unsur-unsurnya harus terpenuhi. Misalnya, ditemukan dokumen tertulis atau pernyataan yang menyatakan pindah ideologi dari NKRI ke NII.

“Kalau dijerat dengan pasal makar maka harus ditemukan dokumen-dokumen. Jika tidak selama ini ya dijerat dengan pasal 378,” ujar Coki. (jto/nas)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Babinkamtibmas Akan Gandeng Orang Tua Dan Tokoh Masyarakat"