Awas, Jangan Beli BB Curian

Tidak ada komentar 14 views

Blackberry tipe Onix atau bold 9700

SURABAYA(suarakawan.com)-Semakin canggihnya teknologi seluler memang menggiurkan siapapun untuk memilikinya. Namun bila ternyata harga ponsel idaman tak terjangkau, mungkin beli ponsel bekas adalah salah satu alternatif.

Selain harganya jauh lebih miring, membeli ponsel bekas bisa jadi menarik lantaran harganya terkadang bisa ditawar. Namun demikian, jangan salah pilih membeli ponsel bekas curian, terlebih jika yang anda incar itu ponsel jenis Blackberry (BB).

Menurut Alhamsyah, salah satu penggiat komunitas Blackberry, handset Blackberry memiliki satu keunikan dibanding handset yang lain. Yaitu adanya Fasilitas pin BB yang memungkinkan sesama pemilik BB berkomunikasi melalui Blackberry Messenger (BBM).

“Nah, adanya pin atau personal indicated number ini yang membuat anda akan ketahuan jika anda membeli BB curian karena pin ini tak bisa diganti. Pemilik BB yang dicuri bisa melacak anda jika anda mengaktifkan BB ini,” paparnya, Senin (23/05).

Jika keberadaan anda bisa dilacak saat mengaktifkan fasilitas BBM, lanjut Alhamsyah, anda bisa dikenakan pidana karena membeli barang curian alias jadi penadah.

“Otomatis toko penjual BB curian ini juga bisa kena dan pasti akan merujuk ke pencuri yang menjual. Polisi punya teknik tersendiri dalam melacak hal ini. Jadi saya bilang pencuri BB adalah orang bodoh,” imbuhnya.

Alamsyah lantas menceritakan kasus pencurian BB yang pernah terjadi di sebuah counter ternama di Surabaya. Lantaran semua imei dan pin sudah dicatat pemilik toko, begitu pencuri atau pembeli BB curian itu mengaktifkan fasilitas BBMnya, maka pencuri yang ternyata orang dalam dengan mudah dibekuk Polisi.

Agar tidak merugi saat beli BB bekas, Alhamsyah menganjurkan untuk membeli handset BB yang lengkap beserta dosnya.”Cocokkan nomer Imei dan pin yang ada di Buku dengan yang ada di handset. Jangan mau beli BB kosongan tanpa dos,” pungkasnya. (jto/nas)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Awas, Jangan Beli BB Curian"