Awak Penerbangan Alitalia Gagalkan Pembajakan

Seorang laki-laki berhasil dilumpuhkan oleh sejumlah awak pesawat Alitalia dalam penerbangan dari Paris ke Roma, setelah dia mengeluarkan pisau kecil dan menuntut agar pesawat dialihkan ke ibukota Libia, Tripoli. Dalam insiden itu, seorang pramugari dilaporkan terluka akibat sabetan pisau pelaku.

Pelaku yang berasal dari Kazakhstan itu kemudian diserahkan kepada polisi dan ditahan setelah penerbangan AZ329 itu mendarat di bandar udara Fiumicino di Roma pada pukul 03.05 WIB Senin (25/3) pagi.

Dia “jelas tampak gelisah”, demikian menurut pernyataan resmi dari Alitalia.

Penerbangan itu membawa penumpang 131 orang termasuk awak pesawat.

Laki-laki yang diidentifikasi polisi sebagai Valery Tolmachev itu dilumpuhkan oleh empat awak pesawat dan sejumlah penumpang, dan diberi obat penenang oleh seorang dokter yang berada di dalam pesawat.

Polisi mengatakan, pria berusia 48 tahun itu merupakan anggota delegasi Kazakhstan di UNESCO di Paris.  Sebelumnya tidak pernah memiliki catatan kriminal maupun kaitan dengan kelompok milisi.

Media Italia mengatakan pria itu mengacung-acungkan pisau kecil dari alat gunting kukunya.  Hingga kini motif upaya pembajakan itu belum diketahui. (bbc-voa/ara)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *