Asyik, Tanggal 3 Juni Cuti Bersama

JAKARTA(suarakawan.com)-Setelah keputusan cuti bersama nasional tanggal 16 Mei yang diumumkan secara mendadak menuai banyak protes, kini Pemerintah mengumumkan agenda cuti bersama nasional  jauh-jauh hari.

Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono menyatakan bahwa Pemerintah menetapkan tanggal 3 juni 2011 sebagai cuti bersama guna meningkatkan efektifitas dan efisiensi pelaksanaan hari kerja di antara dua hari libur.

“Karena tanggal 2 itu tanggal merah Kenaikan Yesus Kristus, Pemerintah memutuskan hari Jumat tanggal 3 Juni 2011 merupakan hari cuti bersama,” kata Agung di kantor Menko kesra, Senin (23/5/2011).

Agung menjelaskan, setelah melakukan evaluasi atas perubahan cuti bersama tahun 2011 khususnya pelaksanaan cuti bersama tanggal 16 Mei 2011, maka pemerintah menetapkan cuti bersama tersebut.

“Sebagian pegawai negeri sipil tidak sepenuhnya memanfaatkan hak cuti tahunan, padahal cuti adalah momen untuk revitalisasi, rekreasi dan penyegaran bagi pegawai dan keluarganya,” katanya.

Agung menambahkan, keputusan cuti bersama itu dituangkan dalam Surat Keputusan Bersama Menteri Agama, Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi dan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, yakni dalam SKB Nomor 03/2011, Kep.135/MEN/V/2011 dan SKB/02/M.PAN-RB/05/2011.

“Perlu kami tegaskan bahwa pelaksanaan cuti bersama ini merupakan hak dari cuti tahunan pegawai,” katanya.

Dia juga menambahkan cuti bersama ini akan meningkatkan kegiatan pariwisata dalam negeri yang mempunyai dampak peningkatan ekonomi. (kmp/nas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *