AS Khawatirkan “Proyek Reaktor Air” Korut

1 komentar 10 views

WASHINGTON – Korea Utara membuat kemajuan dalam sebuah proyek yang mereka sebut “proyek reaktor air kecil-kecilan”. Hal ini menimbulkan kekhawatiran luar negeri, demikian dinyatakan Amerika Serikat Rabu (27/04) setelah memperoleh citra satelit dari situs yang dimaksud.

Institut Sains dan Keamanan Internasional merilis gambar yang menunjukkan aktivitas di Yongbyon – dekat lokasi sebuah menara pendingin bekas – yang dihancurkan Korea Utara pada 2008 untuk menunjukkan komitmennya dalam denuklirisasi.

Gambar yang diambil secara komersial pada tanggal 8 Maret ini menunjukkan apa yang tampak seperti bahan bangunan dan 21-meter silinder yang tidak jelas penggunaannya.

Televisi Korea Selatan KBS sebelumnya memperoleh gambar yang menunjukkan kemajuan di situs tersebut. Beberapa media Seoul mengatakan, mungkin situs itu adalah fasilitas nuklir baru.

Para pejabat Korea Utara tahun lalu mengatakan kepada ilmuwan AS Jack Pritchard bahwa mereka berencana membangun reaktor air eksperimental di Yongbyon, yaitu sekitar 100 kilometer di sebelah utara ibukota Pyongyang.

Sejumlah ahli asing juga mempertanyakan keselamatan nuklir di KoreaUtara, di tengah krisis nuklir yang melanda PLTN Fukushima, Daiici di Jepang yang kondisinya jauh lebih berkembang. (afp-apn/iza)

Satu Respon

Tinggalkan pesan "AS Khawatirkan “Proyek Reaktor Air” Korut"