Antisipasi Kenaikan,Polda Pelototi Distribusi BBM

SURABAYA(suarakawan.com) – Rencana kenaikan Bahan Bakar Minyak(BBM)pada awal April nanti membuat jajaran Polda Jatim mengambil langkah langkah kesiap siagaan.

Menurut Kapolda Jatim Irjen Pol Hadiatmoko,pihaknya telah memerintahkan jajarannya untuk mewaspadai penimbunan bahan bakar minyak (BBM). menjelang kenaikan harga BBM pada 1 April mendatang.

“Kita harus mengantisipasi segala kemungkinan akses dari kenaikan harga BBM pada 1 April mendatang.Walaupun pihaknya yakin kalau masyarakat Jatim sudah cerdas dan tidak mudah terprovokasi,” katanya di Mapolda Jatim, seusai membuka latihan Kemampuan Lapangan Brigade Mobile (KLBM) yang diikuti 448 personel Brimob dari seluruh Jatim,Senin,(05/03).

Menurut Kapolda Jatim, banyak modus penimbunan yang patut diwaspadai, antara lain adanya bus yang mengisi BBM secara penuh, lalu “kencing” di suatu tempat dan kembali mengisi BBM lagi secara penuh, begitu seterusnya.

“Kalau cara itu dilakukan berulangkali,maka bisa di kalkulasikan berpa keuntungan dari praktek ini,karena dia mengambil keuntungan dengan menjual BBM subsidi dengan harga nonsubsidi,” ujarnya.

Mantan Kapolda Bali ini menambahkan,segala bentuk penyelewengan BBM,polisi harus menindak tegas, karena hal itu dapat menyebabkan terjadinya kelangkaan BBM.

“Bila diperlukan,Polda akan bantu dengan patroli SPBU menggunakan sepeda onthel (sepeda angin),agar bisa lebih mengawasi masalah ini” ujar Hadiatmoko.

Terkait indikasi maraknya unjukrasa penolakan kenaikan harga BBM,menurut Irjen Pol Hadiatmoko,hal itu tidak jadi masalah, asalkan masyarakat melakukannya dengan tertib dan tidak anarkis.

“Kita sudah siapkan personel, siapkan dukungan, seperti alat, gas air mata, konsumsi anggota di lapangan, dan sebagainya. Kita juga siapkan metode, kapan sabhara, kapan polwan, kapan brimob, dan seterusnya,” tegasnya.

Pencetus program penangganan aksi massa dengan Asmaul Husna ini menambahkan,diharapkan situasi kamtibmas di Jatim tetap kondusif.(Wis/jto)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Antisipasi Kenaikan,Polda Pelototi Distribusi BBM"