Anggaran Dikepras, KONI Surabaya Menjerit

Tidak ada komentar 8 views

SURABAYA (suarakawan.com) – KONI Kota Surabaya menjerit. Keinginan untuk mendapatkan dana pembinaan olahraga 2012 dari Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya jauh dari yang diharapkan. Anggaran yang diajukan dikepras habis-habisan oleh Dispora Pemkot Surabaya.

KONI Surabaya telah mengajukan anggaran 2012 sebesar Rp 66 Miliar ke Dispora Surabaya. Namun, anggaran yang disetujui hanya Rp 22 M. “Dana yang dikeperas lebih dari separohnya,” kata Ketua Umum KONI Surabaya, Sunardi kepada wartawan di kantor KONI Surabaya, Rabu (15/2).

Pihaknya heran dengan kebijakan yang diambil Dispora tersebut. Padahal, tahun 2011 lalu, KONI Surabaya mendapatkan bantuan dana APBD Kota Surabaya sebesar Rp 38 m. Terdiri dari Rp 16 M untuk Pengcab PSSI Surabaya dan Rp 22 M untuk KONI Surabaya, “Sekarang, kita mengajukan Rp 66 m, lalu diturunkan menjadi Rp 22 M,” tegasnya.

Anggaran sebesar itu, lanjutnya, tidak seutuhnya diterima KONI, karena akan diberikan PSSI Surabaya Rp 1 M. Jumlah itu semakin turun karena akan dipakai untuk pemberian reward atlet berprestasi total Rp 2,5 m. “Praktis KONI Surabaya hanya menerima Rp 18,5 M,” sergahnya.

Dengan anggaran sebesar itu, Sunardi mengaku akan lebih hemat dalam mengeluarkan anggaran untuk cabang olahraga (cabor). Anggaran harus disesuaikan dengan budget oriented, bukan program. “Secara umum anggaran itu akan kita berikan untuk memotifasi cabor menggelar kejuaraan regional dan nasional,” ucapnya.

Apakah pengeprasan besarnya anggaran itu karena tahun 2012 tidak ada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jatim. Sunardi membantah jika hal itu dijadikan alasan. “Soal Porprov itu sudah ditangani oleh Dispora. KONI hanya mempersiapkan teknis saja,” katanya. (Bng/jto)

Keterangan foto: Ketua Umum KONI Surabaya, Sunardi (tengah) didampingi Humas Ram Surahman (kiri) dan Wakil Ketua I Akhmad Munir. (Bng)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Anggaran Dikepras, KONI Surabaya Menjerit"