Anak Bilingual, Mulai Kapankah ?

Rose Mini

SURABAYA (suarakawan.com) – Seorang ibu, sebut saja namanya Susi dengan bangga bercerita bahwa anaknya Dewi yang baru berusia 4 tahun sudah bisa menyebutkan warna-warna dan berhitung dalam bahasa Inggris.

Meski sekilas membanggakan, namun ternyata menurut psikolog Rose Mini atau akrab disapa mbak Romi, penguasaan bahasa asing lebih baik jika dimulai saat anak berusia 6-13 tahun.

“Hal itu sesuai penelitian Dr Paul Thompson bahwa pada usia 6-13 tahun otak bagian belakang berkembang untuk perkembangan bahasa. Jadi usia 6-12 tahun adalah masa paling efektif untuk belajar bahasa, terutama untuk second language,” papar Romi.

Kemampuan berbahasa asing selain bahasa ibu, lanjut Romi memang diperlukan seiring dengan tuntutan globalisasi yang memungkinkan anak berinteraksi dengan dunia lebih luas.

Selain mempertimbangkan usia dalam mengenalkan bahasa kedua terhadap anak, Romi menyarankan agar orang tua juga menguasai bahasa kedua yang dikenalkan sehingga membantu melancarkan perkembangan bahasa anak.

“Jangan hanya mengandalkan institusi sekolah atau tempat kursus untuk mengajarkan kemampuan bahasa anak. Bagaimanapun, peranan orang tua jauh lebih penting,”pungkasnya.(nas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *