Anak Bermasalah, Jangan Beri Disiplin Negatif

Tidak ada komentar 12 views

jangan mudah marah jika anak nakal

SURABAYA (suarakawan.com) -Sebagai orang tua, pernahkah anda menghadapi balita anda yang tiba-tiba menjadi rewel, bersikap menentang dan sulit diatur ? Jika ya, bisa jadi anak anda sedang mengalami gangguan perilaku.

Lantas, apa sikap anda dalam menghadapi kondisi tersebut ? Spontan marah dan menghukum anak secara berlebihan seolah olah hal tersebut merupakan kesalahan anak sepenuhnya karena tidak menurut pada orang tua ?

Menurut Psikolog Mierrina dari Siloam Hospital, gangguan perilaku pada anak tersebut justru merupakan dampak dari salah pola asuhan orang tua.

“Kepribadian yang terbentuk di awal usia 3 tahun merupakan cikal bakal kepribadian yang akan menetap hingga dia kelak dewasa. Jadi ini adalah masa-masa yang paling menentukan dalam pembentukan karakter anak,” ungkap Mierrina, Sabtu (30/07).

Dijelaskannya, anak yang cenderung menunjukkan perilaku-perilaku negative sebenarnya karena anak ingin menarik perhatian. Hal itu karena anak merasa bahwa perlakuan baiknya tak mendapat perhatian dan kasih sayang dari orang tuanya.

“Atas keadaan tersebut orang tua cenderung menerapkan prinsip disiplin negatif kepada anak seperti memukul, menjewer dan sebagainya,” imbuhnya.

Padahal seharusnya, lanjut Mierrina, disiplin mengandung arti mengajar. Disiplin yang efektif adalah mengkomunikasikan kepada anak mengapa perilakunya tak benar dan bagaimana memperbaiki perhatian yang positif.

“Prinsip dasar dibelakang disiplin positif adalah memberikan perhatian yang positif,” pungkasnya.(nas)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Anak Bermasalah, Jangan Beri Disiplin Negatif"