AMPI Kecam Anarkisme FPI

Tidak ada komentar 10 views

SURABAYA (suarakawan.com) – Aksi kekerasan yang dilakukan ormas Islam, Front Pembela Islam (FPI) terus mendapat kecaman. Kali ini, Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) yang mengecam anarkisme FPI saat melakukan aksinya di lapangan.

“AMPI jelas menolak aksi kekerasan yang dilakukan ormas. Karena itu awal dari perpecahan bangsa,” kata Ketua Umum DPP AMPI, Thif Laksono kepada wartawan di hotel Tunjungan Tunjungan Surabaya, Minggu (19/02).

Aksi kekerasan yang dilakukan ormas, menurutnya, tidak bisa dibenarkan. Boleh saja beda pendapat. Namun, perbedaan pendapat harus diselesaikan dengan kepala dingin. Tidak boleh emosinal.

“Banyak faktor yang membuat ormas itu melakukan tindakan anarkis. Salah satunya, kecewa dengan penegakan hukum di Indonesia. Sehingga, Ormas tersebut terpaksa melakukan tindakan sendiri yang melawan hukum,” ujarnya.

Untuk itu, dia memita pemerintah menindak tegas ormas yang selama ini sering bertindak anarkis. Serta, membuat aturan yang lebih tegas untuk meminimalisir terjadinya anarkisme ormas.

“AMPI tidak perlu meminta pemerintah FPI dibubarkan. AMPI hanya mendorong pemerintah untuk segera membuat aturan terhadap keormasan. Selama ini aturan keormasan tidak terlalu ketat,” paparnya.

AMPI, tambahnya, juga tidak akan memberikan perlawanan keras kepada FPI. Jika AMPI melawan, maka tidak AMPI beda jauh dengan FPI. “Apa bedanya dengan FPI, kalau AMPI ikut-ikutan melakukan kekerasan. AMPI itu ormas yang berwawasan kebangsaan dan berideologi Pancasila,” tegasnya.

Justru AMPI siap memberikan bantuan hukum kepada korban yang mengalami kekerasasan. “Kita akan membentuk lembaga bantuan hukum yang siap membantu orang teraniaya oleh pihak manapun. Tidak dipungut biaya, alias gratis,” tandasnya. (Bng/jto)

Keterangan foto: Ketua Umum DPP AMPI, Thif Laksono (kiri) didampingi Ketua Umum DPD AMPI Jatim, Pranaya Yuda. (Bng)

 

Tag:
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "AMPI Kecam Anarkisme FPI"