Amir, Pria Gondrong Penjaga Sumber Air Brantas

Tidak ada komentar 27 views

amir mutaqien

SURABAYA (suarakawan.com) – Lima tahun ini hidupnya diabdikan untuk menghimpun gerakan anak-anak di Kali brantas untuk peduli dan bergerak melakukan sesuatu untuk penyelamatan Brantas, melalui brantas Community ia merambah kawasan-kawasan hulu Brantas.

Di Gunung Kawi, Anjasmoro, Arjuno dan Welirang untuk mengajak para pelajar aktif memonitoring dan melestarikan fungsi sumber-sumber air yang penting bagi Brantas.

Sosok kawan kita kali ini adalah Amirudin Mutaqien yang juga direktur eksekutif Padepokan Wonosalam Lestari (PWL). Melalui gerakanya ini puluhan sekolah kini memiliki club-club pemantau brantas.

”Kali Brantas saat ini sedang sakit dan dibutuhkan kepedulian semua fihak, anak dan pemuda selama ini menjadi korban dari pencemaran lingkungan,” ungkap Amirudin.

Di Mojokerto saat ini ada club sepeda patrol Kali Surabaya, di Jombang di bentuk komunitas sekolah pemantau Kali Brantas di Malang ia bangun sekolah penjaga mata air. Sejak tahun 2009 ia merintis pusat pendidikan diatas lahan seluas 3 ha yang focus mengkader anak-anak muda penyelamat mata air di Jombang.

“Kita tidak bisa hanya menunggu Pemerintah untuk menyelamatkan Kali Brantas, harus ada inisiatif atau contoh untuk menggugah kesadaran masyarakat,” Ujar Amirudin menjelaskan alasannya mengajak anak-anak untuk kampanye penyelamatan Brantas.

Pemuda berambut gondrong yang tak kenal kata tidak untuk upaya konservasi ini juga mendorong pemerintah kabupaten dan kota untuk membangun sekolah-sekolah berbudaya lingkungan.

“kita masih bisa menaruh harapan pada gerakan-gerakan anak muda yang secara sporadis dilakukan disepanjang DAS Brantas, kegiatan-kegiatan ini sifatnya sederhana, skala kecil, mudah dilakukan namun yang menjadi kekuatan kegiatan ini adalah “empati dan Tekun”, imbuh Amirudin Mutaqien,

Atas dedikasinya dalam menggerakkan generasi muda untuk peduli Brantas maka tak salah jika KJPL menganugerahkan Pagebluk award kategori Pelopor penyelamatan Sumber air.

“Penghargaan ini akan jadi motivasi saya untuk bisa berbuat lebih banyak lagi bagi sesama umat manusia. Air adalah sesuatu yang vital yang harus kita selamatkan mulai sekarang sebelum terlambat,” tegas pria yang baru melepas masa lajangnya ini. (nas)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Amir, Pria Gondrong Penjaga Sumber Air Brantas"