Amerika Kirim Senator Ke Pakistan

Senator AS John Kerry

ISLAMABAD (suarakawan)-Negara Adikuasa Amerika rupanya masih menganggap Pakistan sebagai mitra yang penting. Terbukti dengan dikirimnya Senator John Kerry untuk mendinginkan hubungan yang sempat memanas setelah serangan yang menewaskan Osama bin Laden.

John Kerry tiba di Islamabad dua hari setelah parlemen Pakistan bersikeras tidak boleh ada pengulangan operasi komando rahasia yang menewaskan Osama dan mengatakan serangan pesawat tak berawak Amerika dengan target teroris di wilayahnya harus berakhir.

Kunjungan petinggi AS pertama sejak kematian gembong Al-Qaeda adalah untuk bertemu dengan Presiden Asif Ali Zardari dan Perdana Menteri Yousuf Raza Gilani untuk membahas hubungan bilateral dan isu-isu regional. Demikian yang dikutip AFP dari kantor juru bicara asing Tehmina Janjua.

“Senator Kerry telah tiba untuk melakukan pembicaraan dengan para pemimpin senior Pakistan,” kata juru bicara kedutaan AS Alberto Rodriguez kepada AFP.

Di ibukota Afghanistan, Kabul, sebelum melakukan perjalanan ke Pakistan, Kerry mengatakan kepada wartawan hari Minggu bahwa hubungan AS dengan sekutu-bersenjata nuklir berada di sebuah kondisi yang kritis.

Ia mengatakan ia ia siap untuk mendengarkan pemimpin Pakistan tetapi penemuan markas kepala Al-Qaeda tinggal dekat dengan Islamabad berarti pembicaraan harus “menyelesaikan beberapa masalah yang sangat serius”.(cna/nas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *