Amerika Dan Vietnam Serukan Perdamaian Di Laut China Selatan

kapal perang China

WASHINGTON (suarakawan.com) – Amerika Serikat dan Vietnam pada hari Jumat bersama-sama menyerukan kebebasan navigasi dan menolak penggunaan kekuatan di Laut China Selatan, di tengah ketegangan membara antara Beijing dan negara-negara tetangganya.

Setelah pembicaraan di Washington, dua mantan musuh perang itu mengatakan bahwa “pemeliharaan perdamaian, keamanan stabilitas, dan kebebasan navigasi di Laut Cina Selatan adalah kepentingan umum dari komunitas internasional.”

Lebih lanjut ditegaskan bahwa semua perselisihan teritorial di Laut Cina Selatan harus diselesaikan melalui proses, kolaboratif diplomatik tanpa paksaan atau penggunaan kekuatan.

Perselisihan telah berkobar dalam beberapa pekan terakhir di Laut Cina Selatan, setelah Vietnam menuduh kapal-kapal Cina menabrak kapal survei minyak dan memotong kabel eksplorasi satu sama lain.

Cina sendiri membalas dengan menggelar latihan militer tiga hari di Laut China Selatan, yang kata media pemerintah bertujuan meningkatkan kekuatan patroli maritim lepas pantai negara itu. (afp)/nas)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Amerika Dan Vietnam Serukan Perdamaian Di Laut China Selatan"