Amankan Pasokan BBM, Terminal BBM Tuban dikunjungi

Pintu Masuk Terminal BBM Tuban Dijaga Ketat

TUBAN- Terminal penampungan Bahan Bakar Minyak (BBM) Tanjung  Awar-Awar, Tuban. Merupakan salah satu terminal penampungan yang difungsikan untuk mengamankan pasokan Bahan Bakar Minyak(BBM) di Jawa Timur,  sebagian Jawa Tengah, dan Indonesia Bagian Timur.

Kapasitas penampungan Terminal BBM tersebut, yakni 350.000 KL . Terminal penampungan Tuban memiliki 4 tangki timbun berkapasitas 50.000 KL Solar, 3 tangki timbun berkapasitas 30.000 KL Premium.

“Terminal ini terhubung lansung dengan Instalasi Surabaya Grup (ISG), melalui pipa yang ditanam sepanjang  143 Km, pipa ini berukuran 16 inchi,” kata Evi Rofraida, Eksternal Relationship Pertamina UPMS V Jatim, saat kunjungan ke terminal BBM Tuban, Siang tad i(06/05).

Karena, lanjutnya, kepadatan arus kapal di Tanjung Perak, Surabaya, maka untuk pasokan kebutuhan BBM di Surabaya, dialirkan melalui pipa dengan system pemompaan.

Terminal BBM Tuban sendiri, menerima pasokan BBM yang diimport dari Singapura, melalui Kapal Tanker (Loading), dengan system Single Point Mooring (SPM).  Dan untuk penyaluran mobil tangki Terminal BBM Tuban memiliki 14 filling point.

Diketahui, kebutuhan BBM di Jawa Timur, untuk  Premium 9000 Kl per-hari dan 5500 KL Solar per-hari. Dan semua mengandalkan Instalasi Surabaya Grup (ISG), yang notabene dipasok dari  Terminal BBM Tuban.(jto/nas)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Amankan Pasokan BBM, Terminal BBM Tuban dikunjungi"