Amal Unik, Jatah Rokok Ditukar Sembako

Tidak ada komentar 14 views

SURABAYA (suarakawan.com) – Ada cara unik untuk beramal di bulan Ramadhan. Salah satunya adalah menyumbangkan jatah rokok selama puasa ke akun twitter @sembakoramadhan . Kegiatan ini dipelopori oleh Sekar Sosronegoro yang awalnya hanya ada di Jakarta, namun tahun ini merambah ke Surabaya.

Yang unik dari kegiatan ini yakni masyarakat yang ingin menyumbang dana ke celengan ayam yang disebar di beberapa titik. Celengan tersebut ditaruh di tempat-tempat yang ramai dikunjungi, seperti Hokben Polisi Istimewa : 10 unit, Coffee Toffee : 2 unit, Dapur Cokelat Biliton : 1 unit, EF Delta Plaza : 4 unit, Matchboox Too – 1 unit.

Sistem kerja kegiatan ini adalah menyebarkan celengan dan uang yang sudah terkumpul akan dibelikan paket sembako senilai Rp 50.000 dan akan dibagikan kepada kepala keluarga di Surabaya dan sekitarnya pada tanggal 17 Agustus 2012.

“Twitter @sembakoramadhan ini tidak anti atau pro merokok. Tapi cuma melihat bahwa selama puasa konsumsi rokok pasti berkurang jadi bisa dimanfaatkan,” begitu kata Kika Dhersy Putri, salah satu panitia Sembako Ramadhan di Surabaya.

Penghitungan jatah rokok bulanan yang ditukar ke sembako adalah sebagai berikut, misal dalam sebulan Anda hemat 5 pak rokok = 5 x 10 ribu kan? Sumbangkan ke @sembakoramadhan untuk jadi 1 paket sembako. Menurut survey, 1 keluarga dengan 2 anak itu butuh 5 liter beras, 1/2 kg gula,1/2 kg minyak untuk hidup seminggu.

Sasaran penyaluran paket sembako ini diantaranya kecamatan di daerah Surabaya dan sekitarnya.

“Kami masih harus mendata kecamatan mana saja yang akan kami berikan bantuan. Panitia masih belum bisa memastikan” imbuh Kika. (lia/era)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Amal Unik, Jatah Rokok Ditukar Sembako"