Media Online "suarakawan.com" mengutamakan profesional, integritas, keberagaman serta menyajikan dan melayani kepuasan pembacanya maupun kepercayaan|| Mahal Itu Pilihan! Berarti Berkualitas & Puas || Semangat dalam menjalankan tugas merupakan ciri khas karakter bangsa indonesia yang mau berjuang & bekerja keras dari berbagai aspek kehidupan terutama dalam menjaga keutuhan negara dan rakyat Indonesia. Mari menyongsong dan menatap hari esok dengan menjalankan amanat cikal bakal negara RI serta Rakyat Indonesia atas Pancasila & UUD 1945 Asli & Sungguh2 Bukan Selalu Menjadi Penindasan kepada Rakyat...|| Suarakawan.com memberikan kemudahan & pelayanan buat pembaca dari berbagai lapisan dengan bahasa di seluruh dunia.||

Alibaba Siap Buka Pusat Data di Indonesia

19 Jun 2017 // 08:58 // HEADLINE, INTERNET, TEKNOLOGI

0521_alibaba-offices-3_650x455-e1397224678185

BEIJING (suarakawan.com) – Alibaba Cloud, penyedia layanan komputasi awan (cloud computing) dari Alibaba Group yang berasal dari Tiongkok, mengumumkan rencana pembukaan dua pusat data (data center) baru di Jakarta, Indonesia, dan Mumbai, India. Kehadiran data center tersebut akan memberikan dukungan untuk usaha kecil dan menengah (UKM) dengan kemampuan cloud yang kuat, terukur, hemat biaya, dan aman.

Simon Hu, Senior Vice President of Alibaba Group dan President Alibaba Cloud, mengatakan, pihaknya percaya bahwa Alibaba Cloud merupakan satu-satunya penyedia jasa cloud global dari Asia, yang memposisikan diri secara unik dengan keuntungan budaya dan kontekstual untuk menyediakan inovasi data intelejen dan kemampuan komputisasi kepada pengguna di daerah-daerah tersebut.

“Membangun data center di Indonesia dan India akan memperkuat posisi kami di area ini dan juga secara global,” kata Simon Hu, dalam keterangannya, baru-baru ini.

Dengan kehadiran data center terbaru tersebut, Alibaba Cloud akan menambah total data center menjadi di 17 lokasi, setelah berdiri di Tiongkok, Australia, Jerman, Jepang, Hong Kong, Singapura, Arab Saudi, dan Amerika Serikat.

“Data center Asia yang baru ini akan menawarkan layanan lengkap, menyediakan fleksibilitas untuk perusahaan dan organisasi guna membangun seluruh infrastruktur bisnis TI (teknologi informasi) mereka di Alibaba Cloud, atau menjalankan mission-critical dan aplikasi inti di dalamnya,” jelasnya.

Menurut Simon, kehadiran dua data center Alibaba Cloud tersebut akan menjadikannya perusahaan cloud computing global pertama yang membangun data center di Indonesia dan secara signifikan meningkatkan infrastruktur TI lokal di belakang jaringan pusat data global Alibaba Cloud.

“Langkah tersebut juga untuk menanggapi inisiatif 1.000 Start-up Movement Indonesia yang diluncurkan tahun lalu dengan tujuan untuk membina 1.000 startup pada 2020, dan dengan menargetkan valuasi kumulatif sebesar US$ 10 miliar,” pungkas Simon.

Sementara itu, penyedia pusat data (data center) telah menjamin keamanan data para pelanggan yang disimpan di Indonesia (RI). Pasalnya, data center di Indonesia sudah berstandard internasional, sehingga keamanan data, suplai energi, dan teknologi yang diterapkan sangat terjamin. Meski demikian, dukungan regulasi dari pemerintah sangat dibutuhkan oleh para pemain industrinya agar investasinya tidak sia-sia.

Ketua Indonesia Data Center Provider Association (IDPRO) Kalamullah Ramli mengatakan, pemain industri data center yang tergabung dalam IDPRO sudah memenuhi standars internasional, sehingga tidak perlu dikhawatirkan lagi kemanan data pelanggan maupun sisi kualitas lainnya.

Yang diperlukan oleh para pemain data center justru ketegasan pemerintah untuk memastikan aturan bahwa semua data warga negara Indonesia harus berada di Tanah Air. Sebab, data merupakan asset sangat penting bagi setiap orang di era digital sekarang. (bs/rur)

Artikel Terkait

Tinggalkan Komentar Anda






  • Terkini