Alat Selam Merk Cressi Bikin Performa Peselam Jatim Turun

SURABAYA (suarakawan.com) – Kebijakan Pengurus Besar (PB) Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) atas penggunaan alat merk Cressi, benar-benar merugikan atlet selam Jatim. Performa penyelam Jatim yang diproyeksikan ke PON Riau mengalami penurunan.

Kondisi tersebut diakui pelatih kepala pusltada selam Jatim, Ansori. Ditemui di Puslatda selam Jatim di UPN Surabaya, Senin (30/07) petang, Ansori mengaku alat merk Cressi tersebut tidak terbiasa dipakai atlet Jatim. Sehingga, mempengaruhi performa atlet. “Spesifikasi peralatan itu yang kurang cocok bagi atlet,” ujarnya.

Sebelumnya, atlet selam Jatim khususnya di nomor kolam sudah terbiasa menggunakan alat fin pendek. Sekarang, para atlet dipaksa untuk menggunakan peralatan merk Cressi dengan fin lebih panjang. “Kalau yang pendek ini kan cocok kalau kakinya kecil. Kalau pakai yang panjang jelas berat,” tuturnya.

Hal itu diakui penyelam Jatim Catherine Yuliani. Ketika masih menggunakan Bifin merk Najade catatan waktu terbaiknya 2 menit. Namun, setelah menggunakan merk cressi catatan waktu terbaiknya 2,02 menit. “Masih perlu penyesuain lagi,” kata peselam yang akan turun di nomor 200 meter Bifin ini.

Meski demikian, kontingen selam Jatim terus membiasakan diri menggunakan peralatan baru asal Italia itu hingga menemukan performa terbaiknya. POSSI Jatim ingin untuk membuktikan bahwa kontingen Jatim tidak mempan digembosi dari sisi manapun. Tak terkecuali dari kebijakan penerapan peralatan merk tertentu yang dinilai syarat dengan kepentingan.

“Kalau perlu tidak pakai tabung udara pun kita siap. Ibaratnya seperti itu. Harapan kita, dengan memanfaatkan sisa waktu yang ada, anak-anak terbiasa menggunakan alat baru itu. Agar target enam medali emas dapat diamankan. Saya optimis,” paparnya.

Latihan di kolam renang UPN Veteran Surabaya tadi tidak lengkap. Ada 4 penyelam yang tidak ikut bergabung, karena masih menjalani try out ke China dan dijadwalkan sampai 6 September mendatang. Keempat penyelam itu adalah Prisilia Gunawan, Angelia Sugianto, Andrian Sansoldi dan Lukas Wibisono. (Bng/jto)

Keterangan foto: Ansori (kanan) menunjukkan perbedaan alat fin merk Cressi dengan alat fin lama yang dipegang Catherine Yuliani. (Bng)

 

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Alat Selam Merk Cressi Bikin Performa Peselam Jatim Turun"